Pelatihan Infografis Kementerian BUMN batch-3


Memasuki era data, pertumbuhan data terus meningkat setiap harinya. Dari hal yang kecil dan hingga yang besar. Semuanya menghasilkan data, apakah berupa berlembar-lembar kertas maupun data digital yang besarnya ber-Giga hingga Terabyte. Semua data tersebut bila di sajikan apa adanya, tanpa dikemas dengan menarik, akan tampak berat dan sulit untuk dipahami.

Saat ini infografis menjadi salah satu solusi dalam penyajian data yang menarik serta mudah untuk dipahami dengan cepat dan eyecatching. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI salah satu kementerian yang membidangi pembinaan badan usaha milik Negara dalam pemerintahan, mencoba mewujudkannya dengan bersinergi bersama Kreasi Presentasi sebagai perusahaan yang bergerak dalam pelatihan Slide Presentasi Profesional, Infografis dan Videografis. Kerjasama tersebut berbuah dengan dilaksanakannya Pelatihan Infografis Kementerian BUMN batch-3 pada tanggal 23-24 November 2017 berlokasi di Mandiri University, Jl. Tanah Abang Timur Dalam, Gambir, Jakarta Pusat.

Pelatihan Infografis Kementerian BUMN batch-3 ini merupakan kerja sama ketiga yang dilakukan antara Kementerian BUMN dengan Kreasi Presentasi. Dua kerja sama sebelumnya dilaksanakan pertengahan tahun 2016. Adapun peserta pelatihan infografis Kementerian BUMN batch-3 ini sebanyak ± 25 orang. Seperti biasanya workshop ini dipandu langsung oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah, Direktur Kreasi Presentasi dan juga merupakan pemegang merek Slid-ex (Slide Presentation Expert) dari Ditjen HKI. Dalam pelatihan infografis Kementerian BUMN batch-3 tersebut, Dhony Firmansyah didampingi oleh Associate Trainer Hakim Asthra Yudhie dan Pambudi Wisnu Adjie serta Istikumayati (manager Kreasi Presentasi).

Workshop Infografis di Kementerian BUMN ini dilaksanakan 2 hari. Di hari pertama peserta mempelajari mindset tentang infografis, pembagian infografis beserta contoh-contohnya dan dilanjutkan dengan praktik membuat infografis sehingga peserta dapat memahami dengan mendalam serta mengaplikasikannya.

Dalam pelatihan infografis Kementerian BUMN batch-3 ini dibahas juga tata letak yang merupakan teknik keseimbangan dalam membuat infografis sehingga hasil desain infografis yang dibuat akan terlihat harmoni. Sebagai pondasi pembuatan infografis, para peserta wajib memahami 3 teknik mendesain infografis yaitu: Reduksi, Organisasi dan Optimasi. 3 teknik tersebut diterapkan dalam materi diagram “Nilai-Nilai Kementerian BUMN” bernuansa infografis.Di hari kedua, peserta mempelajari tentang grafik bernuansa infografis, maupuan teknik pembuatan grafik. Hasil dari desain tiap-tiap peserta ditampilkan sehingga mendapat apresiasi dari rekan-rekan lainnya.

Tidak terasa 2 hari pelatihan infografis Kementerian BUMN batch-3 terlaksana dengan lancar, penuh antusias dan kecerian dari peserta. Dalam dua hari tim Kreasi Presentasi berusaha seoptimal mungkin memberikan pelayanan dan pendampingan peserta.

Kami atas nama Kreasi Presentasi mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dari Kementerian BUMN RI, atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Semoga kedepanya kerjasama ini terus terjalin, selamat dan sukses untuk seluruh peserta yang terlah berparisipasi dalam workshop ini. Semoga ilmu yang didapat, bermanfaat dan berkah.

 

Salam Amazing.

Hakim Asthra Yudhie.

| Slide Make Over Expert | Associate Trainer Kreasi Presentasi |