Pelatihan Infografis Kementerian BUMN


Bagaimana agar data presentasi Anda yang berbentuk tabel, diagram, dan grafik menjadi tampilan infografis yang sangat visual dan tidak membosankan?

Berangkat dari hal tersebut ternyata hanya dengan menggunakan software Microsoft Powerpoint, Anda dapat membuat slide presentasi Anda tampil Infografis yang visual dan menarik. Dan kembali Kreasi Presentasi dipercaya kembali untuk melaksanakan Pelatihan “Amazing Slide Infographic” di lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

Pelaksanaan pelatihan ini adalah yang ke 8 kalinya sejak pertengahan tahun 2016, pelatihan Infografis bertajuk “Amazing Slide Infographic”, berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 27-28 Februari 2019 diikuti 35 pegawai dan berlokasi di Ruang Pelatihan, Lantai 21 Gedung Kementerian BUMN, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta. Pelatihan infografis Kementerian BUMN Batch 8 ini dipandu oleh Tim Kreasi Presentasi Pakar Slide Dhony Firmansyah, Heryadi Mulyana, Pambudi Wisnu dan Scoria Novrisa Dewi.

Mengawali Pelatihan Infografis Kementerian BUMN, peserta diminta untuk memilih undian tema infografis yang akan peserta buat selama 2 hari pelatihan. Tema yang diberikan ke peserta adalah tema yang berkenaan dengan tema umum, perusahaan, dan hal-hal yang lagi hangat-hangatnya di kalangan millenial.

Hari Pertama Pelatihan Infografis Kementerian BUMN

Pada hari pertama, disampaikan mengenai Mindset tentang infografis, memahami macam-macam dan bentuk infografis yang bisa dijadikan referensi untuk peserta, peserta juga mengenal elemen infografis dan mempraktikkan 3 elemen penting dalam pembuatan slide infografis (Color, Font dan Image). Selanjutnya peserta memahami konsep warna yang harmoni serta fungsi dari warna tersebut. Warna yang di pilih peserta di sesuaikan dengan tema infografis yang akan peserta buat.

Dalam infografis, terdapat pola desain infografis yaitu: Progress, Comparison, dan Obstacle. Peserta diminta untuk memilih jenis infografis apa yang ingin didesain. Peserta juga diminta untuk mencari bahan berupa artikel sesuai dengan temanya, yang didalamnya terdapat tips, solusi, data dan sebagainya. Tentu saja kebanyakan peserta mencari data tersebut dengan berselancar di internet.

Tidak ketinggalan ilmu “Grid Layout” diterapkan peserta dalam mendesain infografis. Peserta juga mempelajari bagaimana membuat icon dan merubah warnanya sesuai dengan template warna yang peserta pilih sebelumnya.  Dan pada sesi akhir pelatihan disetiap harinya, peserta diminta untuk mengumpulkan tugas, dimana tugas tesebut adalah berupa slide-slide yang sudah dikerjakan selama pelatihan berlangsung.

Hari Kedua Pelatihan Infografis Kementerian BUMN

Materi pembuka di hari kedua pelaksanaan pelatihan adalah overview apa yang sudah dipelajari pada hari pertama, bagaimana cara me-makeover slide presentasi infografis agar tidak terkesan padat dan hasil visualnya menarik. Dilanjutkan dengan materi diagram, yang mana diagram tersebut sering digunakan dalam desain infografis.

Sesi kedua di hari kedua, peserta mempelajari tentang grafik, teknik infografis, dan pie chart. Peserta memvisualkan data yang terdapat dalam materi sesuai dengan tema infografis peserta masing-masing, dengan menggunakan grafik dan pie chart bernuansa infografis.


Bagi Anda yang ingin bersama-sama mempelajari infografis & videografis bersama kami seperti halnya Kementerian BUMN, silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.


Dan sebagai sesi akhir di hari kedua, peserta dapat menyusun, hasil latihan dari hari pertama dan kedua menjadi infografis vertikal. Berupa: Judul, Definisi, Data, Solusi dan Action-nya dari setiap tema yang dibuat oleh peserta.

Dampak dari pelatihan infografis ini terlihat jelas dari slide yang dibuat oleh masing-masing peserta, sangat menarik dengan beragam tema, harmonisasi warna, font dan penempatan image font – grafik terlihat menarik dan sesuai kaidah. Tim Kreasi Presentasi mendampingi peserta secara optimal, sehingga saat di ruang pelatihan peserta dapat berkonsultasi langsung berkenaan dengan desain yang mereka buat.

Sebagai penutup sesi pelatihan, Tim Kreasi Presentasi memberikan apresiasi berupa reward kepada 4 orang peserta yang membuat desain slide presentasi terbaik. Dan hal ini tidak disangka-sangka oleh para peserta, sehingga membuat suasana kelas semakin menarik, tidak membosankan.

Akhir kata, segenap tim Kreasi Presentasi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah berpartispasi aktif dalam Inhouse Training Amazing Slide Infografis Kementerian BUMN Batch 8. Semoga ilmu yang telah dipelajari dapat bermanfaat dan dapat di sharing kepada rekan-rekan lain dilingkungan pekerjaannya.

Salam Amazing,

Pambudi Wisnu Adjie