Pelatihan Infografis di Kemenlu RI


Mempromosikan wilayah Indonesia dengan segala potensinya di kancah internasional, dengan berbagai data. Menampilkan data yang mudah dipahami merupakan hal yang tidak mudah. Namun, bukan tidak mungkin, kita mampu menampilkannya dalam bentuk infografis. Demi mencapai tujuan tersebut, diadakan pelatihan infografis di Kemenlu RI.

Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (SESDILU) Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan Kreasi Presentasi mengadakan Pelatihan Amazing Slide MiniMAX (Infografis) ditujukan untuk bagi diplomat mudanya. Pelatihan Amazing Slide MiniMAX diselenggarakan pada tanggal 20-21 Maret 2017 di Pusdiklat Kementerian Luar Negeri tepatnya SESDILU Lantai 3 diikuti oleh ±28 peserta.

Dalam dua hari peserta berlatih mendesain slide infografis dengan dipandu langsung oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah, didampingi oleh associate trainer Kreasi Presentasi yakni Hakim Asthra Yudhie sebagai fasilitator.

Infografis terdiri dari dua kata yaitu “informasi” dan “grafis”. Singkatnya, infografis merupakan gambaran (Bentuk Visual) tentang data/informasi/ilmu pengetahuan yang disajikan baik online maupun offline (cetak). Biasanya desainer membuatan infografis menggunakan software Photoshop, Illustrator, Corel Draw. Kali ini dalam Pelatihan Amazing Slide Infografis ini, peserta diajak untuk mem-break through (menerobos) beberapa software tersebut, karena software tersebut seringkali tidak bersahabat dengan presenter. Peserta diajak mendesain slide infografis menggunakan software yang sudah tidak asing lagi yaitu PowerPoint.

Dalam pelatihan infografis di kemelu RI ini, para peserta mempelajari dasar-dasar infografis, bagaimana mempersiapkan presentasi berupa data yang simple and eye-catching kepada audiens dalam bentuk infografis. Peserta juga mempelajari tahapan untuk membuat infografis, elemen infografis, resource bagaimana cara mengolahnya dan memvisualisasikannya supaya nyaman dipandang serta mudah dipahami oleh audiens.

Hari pertama pelatihan infografis di Kemenlu RI, peserta mendapatkan materi tentang Pengetahuan Dasar Infografis, elemen infografis, warna, fonts, Images dan mengoptimalkan Slide Master serta membahas study kasus.

Di hari kedua pelatihan, peserta mempelajari materi tentang grafik/diagram, pie chart. Di sini peserta belajar bagaimana membuat grafik/diagram yang merupakan proses menampilkan data. Peserta juga belajar tentang variasi tampilan pada diagram, pie chart yang ditampilkan akan tampak lebih menarik.

Dalam pelatihan Infografis SESDILU ini para peserta terlihat sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti sesi pelatihan. Hal ini tampak dari wajah para peserta masih terlihat senyuman serta keceriaan.

Workshop Amazing Slide miniMAX with Pakar Slide Dhony Firmansyah bersama Kementerian Luar Negeri (SESDILU)

Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini dapat mempromosikan wilayah Republik Indonesia di kancah Internasional. Kami ucapkan terima kasih kepada para peserta pelatihan Amazing Slide Infografis dari Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (SESDILU) Kementerian Luar Negeri RI, mudah-mudahan ilmu yang didapat membatu pekerjaan, meningkatkan keahlian dalam presentasi dan meningkatkan karir secara simultan.

Bagi Perusahan atau Lembaga yang ingin bekerja sama, silakan menghubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti), kunjungi pula Facebook kami Kreasi Presentasi dan Twitter : @KreasiPresentasi.

Salam Amazing.

Hakim Asthra Yudhie.

| Associate Trainer Kreasi Presentasi |

Workshop Infografis Amazing Slide miniMax & Slide Profesional Pakar Slide Dhony Firmansyah bersama Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia