Pelatihan Infografis di Bappenas


Tanggal 7 & 8 Desember 2015 kemarin telah diselenggarakan Pelatihan infografis di Bappenas, Jakarta. Amazing Slide miniMAX bersama Pakar Slide Dhony Firmansyah dan associate Kreasi Presentasi Panji Priambudi membantu para staf Badan perencanaan Pembangunan Nasional untuk menyajikan data dalam bentuk infografis. Workshop ini bertempat di Bappenas Jakarta Pusat dan diihadiri oleh 20 peserta.

Sebagian besar peserta merupakan staf Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) di Bappenas. Workshop ini dilangsungkan mulai dari jam 09.00 hingga jam 16.00. Dalam In House Training ini dibahas tentang bagaimana cara mendesain infografis yang menarik dan bagaimana menyampaikannya dengan baik. Selain itu juga Pakar Slide Dhony Firmansyah membahas tentang jenis-jenis infografis, memilih gambar dan visual yang tepat untuk infografis serta bagaimana membuat data (yang biasanya masih berbentuk tabel) menjadi grafik dan diagram sehingga data yang telah dimiliki memiliki daya tarik untuk dilihat oleh orang lain.

Sebagian besar para peserta sudah sering mendesain slide baik untuk dirinya sendiri maupun untuk atasannya. namun ketika mendapat materi tentang infografis ini mereka merasa terbantu karena sangat membantu mereka dalam menyiapkan slide agar lebih visual dan dari data-data yang mereka punya menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Pelatihan infografis di Bappenas ini berlangsung seru dan atraktif. Apalagi ketika Pakar Slide memperlihatkan studi kasus beberapa jenis data dan grafik yang masih harus dimaksimalkan desainnya. Uniknya dalam in House Training ini dibahas data yang ada di website Bappenas untuk diolah dan dimake over bersama.

Pelatihan infografis di Bappenas ditutup dengan foto bersama dan pemberian testimoni oleh para peserta. Sebagian besar peserta mengatakan sangat puas dengan training ini. Harapan mereka ke depan adalah slide yang mereka desain menjadi lebih menarik, visual dan mudah untuk dipahami. Para peserta mengakui bahwa ilmu, fasilitas dan pengalaman selama training ini benar-benar baru yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Direktorat lain dari Bappenas pun siap mengadakan batch-2 pelatihan infografis bersama Pakar Slide dan Kreasi Presentasi di bulan Desember 2015 ini pula.

Semoga di tahun 2016 nanti Amazing Slide Presentation dan Amazing Slide miniMAX menjadi pendekatan baru dalam desain slide presentasi.

Salam Amazing.