Pelatihan Infografis DAU Dirjen Hubud


Direktorat Angkutan Udara (DAU) Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) merupakan salah satu direktorat di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, yang membidangi segala pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, bandar udara, keselamatan penerbangan, dan penyelenggara angkutan udara di Indonesia. Bila menelusuri wilayah daratan dan perairan Indonesia, mungkin sangat jelas batas letak wilayahnya, sementara menelusuri wilayah udara tidak demikian, tidak mudah menandai batas udara yang ada karena begitu luas hamparan wilayah udara Indonesia.

Tugas pokok DAU salah satunya adalah “pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang pemanfaat wilayah Indonesia pesawat udara dan bandar udara, penyelenggaraan angkutan udara dan navigasi penerbangan, peningkatan keselamatan, keamanan, dan kualitas lingkungan hidup penerbangan, serta pemanfaatan fasilitas penunjang dan fasilitas umum penerbangan”. Umumnya, bentuk evaluasi dan pelaporan tersebut berbentuk data dengan bentuk dokumen yang berlembar-lembar, butuh waktu dan effort yang besar untuk memahaminya.

Dengan datangnya era Infografis, data yang awalnya berlembar-lembar, saat ini dicoba untuk dikemas semenarik mungkin menggunakan infografis. Mengikuti perkembangan tersebut Direktorat Angkutan Udara Dirjen Hubud bekerja sama dengan Kreasi Presentasi dan PT Maxima Indonesia mengadakan In-House Training Pelatihan Infografis DAU Dirjen Hubud Amazing Slide Infographic. Pelatihan Infografis DAU Dirjen Hubud ini diselenggarakan pada tanggal 09 hingga 10 November 2017, bertempat di Hotel Ibis Harmoni Jakarta Jl. Jalan Hayam Wuruk No.35, Kebon Kelapa. Sebanyak 20 peserta ikut berpartisipasi dalam Workshop Infografis DAU Dirjen Hubud ini. Pelatihan ini dipandu langsung oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah yang juga merupakan Direktur Kreasi Presentasi dan pemegang merk dagang pelatihan slide profesional Slid-ex. Pakar Slide didampingi oleh dua orang Associate Trainer, yaitu Hakim Asthra Yudhie, dan Heryadi Mulyana.

Pelatihan Infografis DAU Dirjen Hubud ini dilaksanakan dengan 90% praktik melalui materi yang terstuktur dan saling berkaitan untuk mendapatkan hasil yang optimal, peserta harus mengikuti setiap sesi dan mengikuti langkah-langkah yang disampaikan serta diaplikasikan dalam praktik.

Hari pertama peserta mendapatkan ilmu tentang pengetahuan dasar infografis, Pembagian Infografis, Elemen Infografis dan Color Harmony. Pada sesi ini peserta bersama-sama berlatih memilih template warna, lalu di uji coba dengan menampilkan grafik dan penjelasan dengan berbagai formasi penempatan.

Sesi kedua membahas Font, dengan pembagian serta karakteristik kekurangan dan keunggulannya. Peserta mempelajari kombinasi font, disini Pakar Slide memberikan referensi font yang bagus digunakan untuk Judul, Sub Judul serta Isi. Bukan hanya memberikan referensi, Pakar Slide memperlihatkan contoh dalam penggunaannya. Sesi terakhir membahas tentang image yang merupakan objek utama dalam infografis. Peserta mendapatkan ilmu, kategori gambar yang bagus digunakan sebagai background dan subjek.

Diawali dengan berdoa, workshop hari kedua dimulai. Sebelum materi di lanjutkan Pakar slide mengulas kembali materi di hari pertama, setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan tahapan membuat slide, disini peserta di berikan contoh kasus dimaksudkan peserta dapat memahaminya serta mengaplikasikan ilmu tersebut. Pembahasan selanjutnya peserta bersama-sama mempelajari tentang pembuatan icon dan template perusahaan secara sederhana.

Sesi kedua peserta belajar tentang diagram dan bagaimana mengaplikasikannya dalam slide. Dilanjutkan dengan Grafik, peserta mendapatkan tips-trik mem-visual kan grafik sesuai dengan tema dengan tidak merubah makna data tersebut. Seperti biasanya sebagai penutup peserta diminta membuat infografis vertikal layaknya visualisasi infografis di Pinterest, dengan harapan infografis ini dapat diaplikasikan oleh masing-masing peserta untukmembantu pekerjaan, menaikkan keahlian serta karir.

Dalam dua hari, tim Kreasi Presentasi dan Maxima berusaha memberikan yang terbaik untuk mendampingi peserta. Kehadiran tim kami disana juga membantu peserta untuk memperoleh feedback langsung dari latihan yang telah peserta buat. Peserta terbaik pun mendapatkan rewards, sebagai bentuk penghargaaan kami. Atas nama Maxima dan Kreasi Presentasi, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direktorat Angkutan Udara, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, atas kepercayaan yang diberikan.

Semoga kepercayaan dalam Pelatihan Infografis DAU Dirjen Hubud ini terus terjalin demi peningkatan skill dan visualisasi data di Kementerian Perhubungan khususnya Dirjen Perhubungan Udara di masa mendatang.

Bagi Perusahan atau Lembaga yang ingin bekerja sama, silakan menghubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti), kunjungi pula Facebook kami Kreasi Presentasi dan Twitter: @KreasiPrsentasi.

 

Salam Amazing.

Hakim Asthra Yudhie.

| Slide Make Over Expert | Associate Trainer Kreasi Presentasi |