Pelatihan Infografis dan Videografis Bulog Batch 3


Bulog salah satu perusahaan bagian dari BUMN, yang bergerak dibidang logistik pangan di Indonesia. Saat ini Bulog telah mendirikan Corporate University sebagai universitas pangan terbesar di Indonesia.

Bulog Corporate University menggandeng Kreasi Presentasi untuk bekerja sama dalam peningkatan keahlian dan kualitas SDM para staf Perum Bulog, yaitu dengan mengadakan Pelatihan Infografis dan Videografis bertemakan Amazing Slide Series. Yang bertujuan untuk mempromosikan produk dan usaha Bulog kepada masyarakat luas di Indonesia.

Pada tanggal 13 s.d. 15 Agustus 2018 dilaksanakan Pelatihan Infografis dan Videografis Bulog yang merupakan angkatan ketiga, dua angkatan sebelumnya dilaksanakan di awal tahun 2018.

Pelatihan berlangsung di Bulog Corporate University, Jl. Kuningan Timur Blok M/2, Kuningan – Jakarta Selatan. Begitu berminatnya, Pelatihan Infografis dan Videografis Bulog Batch 3 ini diikuti oleh 40 peserta dari perwakilan dari seluruh Divre Provinsi di Indonesia.

Dalam 3 hari pelatihan dipandu langsung oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah dan di damping Associate Trainer Hakim Asthra Yudhie, Heryadi Mulyana, Pambudi Wisnu Adjie, Surya Indraswari Priyanka dan Hana sebagai fasilitator untuk pendampingan peserta selama Pelatihan Infografis dan Videografis Bulog Batch 3 berlangsung.

Pelatihan diawali dengan sambutan dari Direktur Bulog Corporate University dan dibuka oleh Direktur SDM Perum Bulog. Dilanjutkan perkenalan trainer serta dilanjutkan pretest, tes ini untuk mengetahui pemahaman peserta seputar software powerpoint, infografis dan videografis.

Materi Pertama Pelatihan Infografis dan Videografis Bulog Batch 3

Materi pelatihan diawali dengan mengenal dasar-dasar infografis serta pembagiannya, mengenal prinsip dalam mendesain infografis yaitu Simpel-Harmoni-Unik dan mengenal elemen-elemen infografis.

Elemen infografis pertama yang dibahas dalam pelatihan ini yaitu harmonisasi warna (Color Harmony), di sini peserta diajarkan bagaimana pemilihan warna yang harmoni. Warna yang sudah dipilih akan dijadikan template warna dalam PowerPoint, sehingga dalam mendesain slide infografis warna tetap terjaga agar terlihat harmoni.

Setelah harmonisasi warna, dilanjutkan elemen infografis berikutnya yaitu font. Dalam mendesain slide presentasi maupun infografis font berperan penting setelah warna. Sehingga harus dipelajari dengan sesi tersendiri, sehingga peserta dapat memahami karakteristik font serta fungsi dari font tersebut. Dalam penggunaanya font yang bisa digunakan optimalnya 2 jenis maksimalnya 3 jenis, yang digunakan untuk Judul, Sub Judul dan Konten Isi.

Elemen berikutnya adalah Image, dalam pelatihan peserta akan di kenalkan dengan image yang berupa foto, vector dan icon. Peserta tidak hanya dikenalkan saja tapi paham fungsi dan membuatnya. Peserta diminta untuk membuat vector karakter orang, vector tersebut akan digunakan sebagai tokoh dalam infografis dan videografis.

Materi Kedua Pelatihan Infografis dan Videografis Bulog Batch 3

Berlanjut di hari kedua, peserta mempelajari tentang data dimulai dengan materi diagram. Selama ini kebanyakan orang sulit membedakan diagram dengan grafik. Sesi ini peserta mengenal jenis-jenis diagram, membuat icon, table, grafik bernuansa infografis dan diakhiri dengan membuat infografis vertikal.

Ada yang berbeda suasana dihari kedua ini, peserta tambah semangat dan penasaran. Pelatihan telah berakhir pada pukul 5 sore, tetapi peserta tidak beranjak sedikitpun hingga menjelang malam. Sampai panitia mematikan lampu secara bertahap agar peserta beristirahat dan dilanjutkan di hari ketiga.


Bagi Anda yang ingin bersama-sama mempelajari Presentasi, Infografis & Visualisasi Data, dan Videografis bersama kami seperti halnya Perum Bulog silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407


Materi Ketiga Pelatihan Infografis dan Videografis Bulog Batch 3

Pukul 8 peserta sudah menempati tempatnya, ruangan terlihat hening, peserta sudah sibuk dengan laptop masing-masing. Pelatihan dibuka diawali dengan berdoa serta dilanjutkan dengan icebreaker untuk mencairkan suasana. Fokus peserta di hari ketiga yaitu membuat videografis menggunakan bahan mereka masing-masing yang telah mereka buat infografisnya dihari kedua kemarin.

Suasana semakin seru, para peserta belajar dan memahami macam-macam videografis beserta contoh. Dari membuat narasi, rekaman audio narasi, animation-transitions serta bagaimana peserta menentukan waktu video dan mengabungkan audio music. Tahap terakhir peserta me-rendering video tersebut dalam format Video (MP4).

Tepat pukul 4 sore, pelatihan ditutup oleh Direktur BUlog Corporate University dan mengumumkan 3 peserta terbaik sebagai pemenang serta menampilkan 3 video hasil pemenang. Setelah penutupan secara resmi, peserta menyelesaikan video mereka masing-masing hingga selesai dan hasilnya dikumpulkan sebagai hasil dari pelatihan ini.

Sebagai tolak ukur sejauh mana perkembangan peserta, Kreasi Presentasi memberikan lembaran posttest yang akan dibandingkan dengan hasil pretest dan kuisioner dimaksudkan untuk evaluasi agar kedepannya Kreasi Presentasi lebih baik lagi.

Kami atas nama Kreasi Presentasi mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Pelatihan Infografis dan Videografis Bulog Batch 3 atas partisipasinya. Selamat dan sukses untuk seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam pelatihan ini. Semoga ilmu yang didapat, bermanfaat dan berkah.

Salam Amazing.

Hakim Asthra Yudhie.

| Slide Make Over Expert | Professional Trainer Kreasi Presentasi |