Pelatihan Infografis BMKG Batch 2


Kreasi Presentasi kembali dipercaya oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai pembicara pada pelatihan infografis. Pelatihan ini merupakan yang kedua kali bagi Kreasi Presentasi dalam memberikan materi infografis untuk BMKG. Pelatihan infografis BMKG batch 2 terlaksana pada tanggal 14-15 November 2019 dan dihadiri oleh 30 orang peserta dari BMKG.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan, Bapak Drs. Maman Sudarisman, DEA. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa peserta yang hadir nantinya dapat menyajikan data-data secara visual dan infografis, informatif dengan design slide yang menarik serta mampu mempresentasikan data atau laporan seta materi pelatihan secara baik.

Pelatihan infografis BMKG batch 2 dipandu oleh tim Kreasi Presentasi yakni Dhony Firmansyah sebagai trainer utama didampingi 2 (dua) personil tim Kreasi Presentasi yakni Hakim Asthra Yudihie dan Pambudi Wisnu Adjie.

Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknolgi yang Saat ini kita sudah memasuki era teknologi data, dan bagaimana menampilkan data yang terbaik, mudah dipahami?. Data yang terbaik adalah data yang menunjukkan inti pembahasan dan ditampilkan dengan simplicity (sederhana). Agar data kita mudah diingat, data tersebut sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dicerna otak. Bahasa visual atau gambar adalah solusinya.

Selama 2 hari peserta diberikan materi tentang infografis. Salah satunya 3 langkah mudah untuk menampilkan data sehingga mudah dipahami dalam waktu singkat. Apa sajakah itu?

  1. simpel atau sederhana. Artinya, infografis yang disusun harus lebih mudah dipahami daripada artikel mentahnya. Menyederhanakan infografis bisa dengan mereduksi kata-kata yang tidak perlu, dan menampilkan kalimat-kalimat kunci yang penting bagi pembaca. Simpel juga menghindarkan audiens dari rumitnya tabel.
  2. Harmoni, berarti keserasian antara warna infografis, konsistensi ukuran huruf dan angka, serta kombinasi gambar di dalamnya. Jika kita melihat tampilan infografis, kita akan memahami bahwa infografis memiliki struktur warna yang kontras antara latar belakng dengan kontennya. Infografis juga memiliki warna yang konsisten baik dalam huruf, ikon maupun data yang ditampilkan.
  3. Unik, membuat rasa ingin tahu audiens kian tinggi saat melihatnya. Audiens jadi ingin membaca dan menyimpulkan apa isi infografis tersebut. Unik bisa juga bermakna menampilkan sesuatu yang tidak biasa dalam infografis. Misal menampilkan grafik berbentuk termometer, pie chart berbentuk cangkir dan sebagainya.

Nah itulah 3 langkah mudah untuk menampilkan data sehingga mudah dipahami dalam waktu singkat yang sudah disampaikan pada pelatihan infografis BMKG batch 2.


Untuk Anda yang ingin mempelajari Presentasi, Infografis, Visualisasi data & Videografis, dan Analisa Data, silahkan hubungi Bu Isti (0857 3333 0407)


Kami dari tim Kreasi Presentasi mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan BMKG dan juga Peserta pelatihan, semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan berkah.

Salam Amazing.