Pelatihan Infografis bersama SetKab batch-3


Ada hal menarik yang saya dapat di pelatihan infografis bersama SetKab batch-3 13-14 Mei 2016 kemarin. Salah satu hal yang kami bahas adalah bagaimana langkah membuat sebuah data mampu memukau audiens. Data yang selama ini berbentuk tabel, grafik, maupun diagram bisa membuat audiens berdecak kagum.

Salah satu referensi yang kami sepakati bersama Sekretariat Kabinet saat itu adalah presentasi Hans Rosling. Dia adalah profesor kesehatan masyarakat asal Swedia yang mempresentasikan data di forum TED tahun 2006. Presentasinya saat itu memukau jutaan orang, di Youtube sendiri lebih dari 5 juta viewers telah menyaksikan videonya. Menurut Ben Affleck, Hans Rosling adalah ilmuwan statistik yang paling kreatif dan menghibur di dunia. Sedangkan CEO AOL/Time Warner Steve Case menyebut presentasi Hans Rosling sebagai the most unforgettable talks. Seperti apa presentasi Hans Rosling? Anda bisa melihat videonya dengan mengklik gambar berikut:

Dari pembahasan presentasi data Hans Rosling di pelatihan infografis bersama Setkab batch-3 ini, ada 3 kunci presentasi Hans Rosling yang membuatnya dikenal sebagai presentasi data terbaik sepanjang masa, yaitu:

1- Beri alasan mengapa data Anda penting

Di awal presentasinya, Hans Rosling mengubah mindset audiens yang menyebut bahwa dunia masih terbagi menjadi western world dan third world. Western world adalah negara maju sedangkan third world adalah negara berkembang. Mindset ini dipatahkan oleh visualisasi data Hans Rosling melalui riset selama lebih dari 20 tahun. Inilah yang membuat audiens langsung memperhatikan presentasi data dari Hans Rosling.

2- Buat data Anda bercerita

Dengan animasi tahun per tahun, Hans Rosling menjelaskan grafik sebaran tingkat kesejahteraan negara-negara di dunia dan menyebutkan momen-momen penting apa saja yang terjadi saat itu. Sehingga data tidak sekedar ditampilkan, namun diceritakan. Data itu harus diungkapkan, bukan sekedar dikatakan.

3- Tampilkan visualisasi yang sederhana, harmoni dan unik

Saya yakin data awal Hans Rosling berupa tabel-tabel panjang yang tak sedap untuk divisualisasikan. Namun dengan mengubahnya menjadi grafik, dan dianimasikan, data tersebut lebih ringan dan mudah untuk dipahami. Warna yang harmoni dan visualisasi yang unik makin mendekatkan makna data yang nyata di benak audiens. Oleh karena itu data yang sederhana, harmoni dan unik adalah hal mutlak untuk menampilkan infografis. Inilah pula yang kami pelajari di workshop infografis Amazing Slide MiniMAX bersama Pakar Slide Dhony Firmansyah. Silakan menghubungi Bu Isti 0857 3333 0407 untuk kerja sama.

Karena akurasi data dan presentasi memukau inilah Hans Rosling disebut majalah Times sebagai The Most Influential People in The World di tahun 2012. Anda pun bisa menjadikan visualisasi data kian memukau dengan mengikuti pelatihan infografis bersama Kreasi Presentasi.

Demikian reportase Pelatihan Infografis bersama Setkab batch-3, semoga menambah pengetahuan Anda tentang infografis.

Salam Amazing.