Optimasi Background dalam Slide

Oleh: Dhony Firmansyah

Mencari gambar background itu mudah, kita bisa klik mesin pencari seperti Google, lalu mengetikkan kata kunci sesuai keinginan kita. Hanya saja, tidak selamanya background yang bagus dapat memenuhi kepuasan kita untuk ditampilkan dalam slide presentasi. Memuaskan visual adalah tujuan utama dari background di dalam desain slide presentasi. Karena itu rule visual sangat berpengaruh dalam optimasi background.

Di samping ukuran background yang besar, penempatan lapang pandang background sangat berpengaruh untuk membuat desain slide presentasi lebih visual. Lapang pandang background ini sangat dipengaruhi oleh rule of thirds yang sudah saya bahas dalam artikel yang lalu.

Jika kita ingin membuat background lebih visual, lebih dekat dengan audiens, sekaligus memudahkan kita untuk menempatkan tulisan maka jangan tempatkan garis horizon tepat di tengah gambar, namun letakkan garis horizon di 1/3 atau 2/3 lapang pandang.

Optimasi back1

Contoh background yang belum dioptimasi, meski background tajam, namun tulisan terlalu dekat dengan garis horizon bumi.

Optimasi back2

Ketika diberi garis 1/3 dan 2/3 terbukti bahwa lapang pandang horizon tidak terletak tepat di 1/3 atau 2/3-nya

Caranya? Cobalah bagi gambar background menjadi 3 bagian yang sama secara horizontal (garis virtual). Lalu tempatkan garis horizon gambar ke garis virtual yang sudah kita buat. Dalam rule of thirds, garis virtual ini adalah identik dengan lapang pandang mata manusia di atas dan bawah ketika manusia melihat sesuatu.

Optimasi back3

Ketika lapang pandang horizon diturunkan 2/3 dari gambar.

Optimasi back4

Setelah garis horizon virtual dihilangkan, maka tampilan background lebih visual.

Setelah itu hapuslah garis virtualnya. Maka Anda akan mendapatkan background yang bukan hanya lebih visual, lebih indah namun juga lebih mudah bagi Anda untuk menempatkan teks di dalamnya.

Optimasi back5

Contoh slide presentasi yang sudah dioptimasi dengan background berlapang-pandang sesuai horizon yang benar.

Optimasi back6

Dengan horizon yang benar, kita akan mudah menempatkan teks dengan lebih visual.

Cobalah. Saya yakin dengan optimasi background, desain slide presentasi Anda makin wow.

Salam Amazing.