Meningkatkan Keterampilan Melalui Tableau


Era 4.0 merupakan sebuah era di mana bisnis startup mulai bertebaran di mana-mana. Agar bisnis Anda tetap melejit di tengah-tengah persaingan yang begitu ketat, Anda perlu mengokohkan bisnis Anda agar tidak tumbang di tengah jalan. Salah satu hal yang harus Anda kuasai adalah analisa dan visualisasi data. Hal ini cukup vital bagi bisnis Anda karena dapat membantu menarik kesimpulan atas sebuah informasi, mengambil keputusan, dan menganalisa karakteristik konsumen. Analisa data dapat dilakukan dengan praktis dan cepat menggunakan software bernama tableau. Bahkan software tersebut dapat memangkas waktu dari yang sebelumnya memakan 2 sampai 3 jam menggunakan software lain, ia dapat memakan waktu hanya 5 menit saja seperti yang diulas dalam tajuk Workshop Analisa Data. Selain itu, Anda dapat meningkatkan keterampilan melalui tableau dalam proses analisanya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa soft skill sangat penting dimiliki oleh setiap orang sebagai nilai tambah untuk bersaing di dunia kerja. Soft skill bukanlah ilmu yang dapat dipelajari dalam pendidikan formal, namun dapat diperoleh berdasarkan pengalaman dalam hidup bermasyarakat, berorganisasi, maupun lingkungan sosial lainnya.

Berikut adalah soft skill yang akan didapat dengan menggunakan software tableau mengulas dari tajuk Tableau Can Enhance Your Soft Skills :

1- Kreativitas

Kreativitas adalah salah satu cara meningkatkan keterampilan melalui tableau. Mengapa bisa begitu? Ia dapat membangun dan merancang dashboard sesuai keinginan Anda sekreatif mungkin. Tentu saja karena ia dapat memvisualisasikan hasil analisa data dalam bentuk grafik atau lainnya sesuai keinginan. Anda pun dapat memvisualisasikan tampilan yang indah dengan memilih harmoni warna yang amazing.

2- Storytelling

Tentu Anda tidak mungkin membuat visualisasi data yang hanya sekedar ditampilkan apa adanya. Hal itu tentunya tidak menarik bagi klien yang melihat presentasi Anda. Ketika menggunakan tableau, Anda pun akan belajar bagaimana bercerita dengan data sehingga mempraktikkan visual terbaik dan mudah dipahami. Dalam hal ini, Anda akan terlatih untuk meningkatkan seni persuasi sehingga materi yang Anda sampaikan nantinya dapat mempengaruhi klien Anda. Dengan begitu Anda dapat meningkatkan keterampilan melalui tableau.

3- Ketelitian

Di era saat ini Anda perlu untuk mempunyai ketelitian yang mempunyai tingkat benar seratus persen. Tableau dan excel adalah dua hal yang saling melengkapi. Excel merupakan sumber data yang nantinya diolah ke dalam tableau. Sebelum diolah, data yang ada dalam excel harus diteliti terlebih dahulu. Seperti misalnya dalam data klien Kreasi Presentasi, Kementerian Luar Negeri pernah menjadi klien kami di tahun 2017, 2018, dan 2019, maka data tersebut harus mempunyai nama yang sama di setiap tahunnya, jika berganti nama menjadi Kementerian Luar Negeri RI, maka tableau akan kesulitan untuk menganalisanya. bahkan kesalahan kecil seperti perbedaan PT Transgasindo dan PT. Transgasindo pun dapat terdeteksi oleh tableau.

Itulah tips meningkatkan keterampilan melalui tableau yang dapat kami sajikan kepada Anda. Semoga soft skill Anda semakin terasah dengan menggunakan software tersebut. Tetap semangat untuk mendalami software tersebut untuk mendapatkan hasil yang terus maksimal. Kami siap mendampingi Anda untuk mempelajari tableau, silakan hubungi kami di 0857 3333 0407.