Mengatasi Gugup

Bagi siapapun kegugupan sebelum menyampaikan presentasi adalah manusiawi. Bahkan bagi seorang presenter profesional sekalipun. Jangan dikira seorang Mario Teguh, Jamil Azzaini, Tung Desem Waringin dan presenter lainnya tidak gugup sebelum tampil. Namun jam terbang dan kelihaian merekalah yang mampu menutup rasa gugup tersebut. Nah, tentu Anda ingin mengetahui tips presentasi untuk mengatasi gugup sebelum presentasi. Ini adalah tips presentasi mengatasi gugup yang saya rangkum dari berbagai sumber, moga bermanfaat:

  1. DATANG LEBIH AWAL. Bagi seorang presenter, waktu adalah segalanya. Untuk menjaga alur presentasi Anda tetap konsisten, datanglah lebih awal di tempat presentasi .Dengan datang lebih awal, Anda akan mampu mensetting ruangan dan gaya presentasi sesuai keinginan Anda, sekaligus menghindari trouble dengan media yang Anda gunakan.
  2. KUASAILAH MATERI. Kegugupan dialami presenter lebih dari 50% karena tidak menguasai materi. Karena itu berlatihlah sebelum presentasi.Hal ini menjamin kelancaran presentasi Anda. Semakin banyak berlatih, semakin kuat memori Anda menyimpan materi tersebut.
  3. RUSAK RITME DENYUT JANTUNG ala GUGUP. Saya sudah beberapa tahun mendalami dunia training. Sering saya melihat presenter melompat-lompat/berlari di belakang stage. Bahkan menggunakan musik tertentu dengan beat cepat sebelum memasuki tempat presentasi. Ini ada alasannya, secara biologis gugup dpengaruhi oleh denyut jantung. Jika nervous denyut jantung lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu rusak ritme gugup dengan aktifitas yang membuat jantung Anda berpacu lebih cepat, bisa dengan berlari atau lompat-lompat.
  4. AWALI DENGAN ICE BREAKING. Jika Anda merasa gugup, jangan langsung masuk ke materi. Awali dengan ice breaking, bisa dengan jokes ringan, atau mengajak audiens bergerak (senam) bersama. Namun jangan lupa untuk berlatih dulu. Karena boleh jadi ice breaking Anda bakal garing jika salah memberikan instruksi.

Nah, itulah 4 tips presentasi mengatasi gugup. Semoga bermanfaat. Oya, kami pun bisa membantu Anda untuk mendesain presentasi berkesan, belajar teknik presentasi, termasuk mengatasi gugup dalam waktu singkat dalam workshop #DesignYourPresentation.

Salam Amazing.

(source: Pakar Slide – Dhony Firmansyah).