Mengasah Inovasi Mulai Sekarang


Artikel ini terinspirasi dari tajuk “Masukkan Kisah dalam Produk Anda” yang menuliskan tentang percakapan seorang Inspirator sukses mulia, Jamil Azzaini dengan Pakar Slide Dhony Firmansyah. Jamil Azzaini pernah mengatakan bahwa jika ingin menjadi trainer yang hebat, jadilah yang pertama, yang terbaik, atau berbeda. Kalimat tersebut tentunya sangat inspiratif jika Anda ingin memulai sesuatu, entah menjadi trainer, pengusaha, maupun orang hebat, pilihlah satu diantara ketiganya maka Anda akan memenangkannya. Jika Anda belum bisa menjadi yang pertama, jadilah yang terbaik, jika masih belum bisa, jadilah berbeda. Pilihan itulah yang harus Anda pikirkan mulai sekarang. Maka Anda perlu mengasah inovasi mulai sekarang.

Menjadi yang pertama, terbaik, dan berbeda memang bukanlah hal yang mudah karena Anda harus membuat orang lain secara otomatis mencari Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Untuk menjadi demikian, Anda harus menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Terkadang kita bingung harus memulai darimana, bahkan tak jarang yang justru tidak memulai sama sekali karena rasa bingung yang melanda jiwa. Nah, kami akan membagikan kepada Anda Tips Mengasah Inovasi Mulai Sekarang.

1- Survey masalah

Mengapa harus menyurvei masalah? Dengan menyurvei masalah, maka Anda akan tahu apa saja yang terjadi di lapangan dan membutuhkan pemecahan. Banyak sekali permasalahan yang dialami individu maupun kelompok yang ada di dunia ini yang belum menemukan solusi. Cobalah untuk memposisikan diri Anda yang mengalami masalah tersebut agar memahami apa yang ingin Anda lakukan jika mendapatkan masalah tersebut. Cobalah untuk melakukan pengamatan dan menarik kesimpulan. Dengan demikian Anda akan berfikir untuk menemukan solusi dari permasalahan yang Ada. Seperti misalnya, seorang pembuat kebijakan merasa kesulitan dalam menyampaikan program baru kepada masyarakat karena media penyampaiannya kurang menarik sehingga sulit untuk dipahami. Dari permasalahan tersebut, perlu untuk mencari solusinya.

2- Survey kebutuhan dan peluang

Setelah menyurvei masalah, secara otomatis akan muncul sebuah kebutuhan yang perlu untuk dipenuhi. Seperti contoh di atas, seorang pembuat kebijakan perlu untuk menyiapkan media yang memukau agar informasi dapat tersampaikan secara efektif dan efisien. Setelah menemukan kebutuhan tersebut, maka Anda perlu untuk membaca peluang agar Anda dapat menentukan ide apa yang perlu dikembangkan. Dalam hal ini, Anda perlu untuk melihat passion Anda. jika di bidang desain, maka perlu mengembangkan inovasi di bidang desain, jika di bidang public speaking, maka perlu mengembangkan inovasi di bidang public speaking.

3- Catat ide Anda

Terkadang sebuah ide yang ada di kepala kita datang secara tiba-tiba. Usahakan untuk segera mencatat ide-ide Anda itu tanpa menundanya karena ide yang hanya dibiarkan tersimpan di kepala akan cepat terlupakan karena daya ingat manusia terbatas. Tidak peduli apakah ide tersebut ide yang biasa saja bagi Anda, lebih baik dicatat saja, dari ide yang biasa tersebut Anda akan terbiasa untuk mengembangkannya menjadi ide yang hebat.

4- Mencari pengalaman baru

Dengan pengalaman baru, Anda akan keluar dari dunia Anda sebelumnya dan mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga. Anda dapat berjalan-jalan ke suatu tempat, bergabung bersama komunitas baru, maupun mendalami hobi baru sehingga banyak yang bisa Anda temukan mulai dari teman baru, skill baru, dan ilmu baru. Bahkan, dari kegiatan-kegiatan tersebut, terkadang Anda akan dihadapkan pada suatu permasalahan tertentu sehingga Anda akan menjadikannya pelajaran agar tidak terulang di masa yang akan datang, atau mengalami suatu kejadian berharga sehingga Anda akan selalu mengingat dan menerapkannya lagi di masa yang akan datang.

5- Membangun Relasi

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika Anda membangun relasi dengan orang-orang baru. Anda dapat menggabungkan ide dan berkolaborasi bersama mereka untuk mewujudkan satu tujuan bersama. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa “Jika ingin berjalan cepat, berjalanlah sendiri, jika ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama.” Jadi Anda ingin  berjalan cepat atau jauh? Silakan menentukan pilihan mulai dari sekarang. Pilihan ada di tangan Anda. Anda pun dapat saling membantu jika mempunyai suatu permasalahan tertentu terkait urusan pekerjaan sehingga ketika posisi Anda di bawah sekalipun, relasi yang Anda bangun itulah yang akan menyelamatkan dan mengangkat Anda lagi. Selain itu, Anda akan memahami bahwa manusia di dunia ini mempunyai bermacam-macam karakter sehingga wawasan Anda pun akan luas dengan bergaul bersama mereka.

Nah, itulah tips mengasah inovasi mulai sekarang yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda. Tidak ada salahnya mencoba mengasah inovasi mulai sekarang. Karena kalau bukan sekarang, kapan lagi? Yakin masih ingin menundanya?

Salam Amazing,