Mendesain Videografis dengan Mudah


Dewasa ini, video menjadi salah satu media yang diminati oleh publik karena kemudahan penyerapan informasinya daripada tampilan statis. Untuk mendesain videografis dengan mudah, terdapat beberapa software untuk mendesain videografis dengan mudah, namun ada satu yang termudah dan familiar bagi seorang presenter. Ia adalah Powerpoint. Yap, sebuah software yang mudah diaplikasikan untuk kebutuhan presentasi, serta fitur dan tools yang lengkap, khususnya PowerPoint 2013 hingga PowerPoint 365. Powerpoint di bawah itu tidak kami rekomendasikan karena fiturnya kurang optimal.

Nah, sebelum mengarah ke videografis yang lebih detail, kami sarankan mempelajari teknik dasar mendesain videografis dengan mudah agar pengetahuan yang didapat pun bertahap dan sistematis. Yuk, tunggu apalagi. Silakan simak penjelasan mendesain videografis dengan mudah di bawah ini:

  1. Membuat Draft

Selaras dari tips yang tertuang dalam buku “Informotion”, langkah pertama mendesain videografis dengan mudah yakni membuat draft gambar maupun tulisan dengan goresan tangan terlebih dahulu. Cobalah untuk membuat layoutnya, di mana letak teksnya, di mana letak gambarnya, serta rencana animasinya. Tidak perlu terlalu bagus, yang penting layout tersebut jelas untuk dilihat oleh Anda sendiri. Jika belum terbiasa melakukannya, mungkin cara ini terlihat memakan banyak waktu. Namun sebenarnya tidak, justru dengan mengetahui konsepnya lebih dulu, videografis yang akan dibuat menjadi lebih pas dan matang. Jika langsung membuat tanpa draft, ketika hasilnya ternyata kurang pas, maka waktu akan terbuang dengan aktivitas hapus-edit-hapus-edit.

2. Mereduksi Kalimat

Dalam mendesain videografis dengan mudah, cantumkan teks yang hanya merupakan inti dari pesan yang ingin disampaikan. Sebelumnya Anda pasti mendapatkan referensi dari artikel, laporan, maupun bentuk tertulis lainnya. Jumlah kalimat sebegitu banyaknya tidak mungkin dituangkan semua dalam videografis, jadi ambil bagian yang penting saja agar terlihat menarik dan tidak membosankan.

3. Gabungkan Semua Resource dalam PowerPoint

Carilah gambar, icon, teks, clipart, dan kebutuhan lain yang sudah didraft sebelumnya di beberapa referensi yang recomended, baik itu flaticon.com, freepik.com, pixabay.com, dan masih banyak pilihan lainnya. Setelah itu, saatnya menggabungkan semua resorce ke dalam PowerPoint.

4. Animasikan

Usai menggabungkan semua resource ke dalam PowerPoint, saatnya untuk menganimasikan semuanya. Jangan lupa transisikan slide PowerPoint Anda ya… dan satu lagi, usahakan tidak lebay sehingga tetap tampak elegan.

5. Tambah Narasi dan Audio

Untuk narasinya, Anda dapat merekam dari suara sendiri, sedangkan untuk background music, Anda dapat menambahkan musik instrumental tanpa lirik agar pesan yang ada di dalamnya dapat dengan mudah ditangkap dan dipahami. Selengkapnya, silakan simak tajuk Menentukan Background Musik pada Videografis.

Nah, itulah tips mendesain videografis dengan mudah yang dapat kami bagikan untuk Anda. jika ingin menambah referensi tentang videografis, silakan membeli buku Amazing Slide Videographic oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah. Jika ingin praktek langsung bersama kami, silakan menghubungi 0857 3333 0407 untuk penawaran spesial. Workshop akan dipandu langsung oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah bersama tim. Cukup sekian, kami pamit undur diri, sampai jumpa di artikel selanjutnya, tetap semangat berkarya….

Salam Amazing,