Membuat Powerpoint Serba Satu


Membuat powerpoint serba satu. Kira-kira apa ya maksudnya? Intinya, Segala sesuatunya hanya satu, bukan dua, tidak pula tiga atau empat. Segala sesuatu yang ditampilkan adalah satu. Nah, apa saja yang satu? Ia adalah pesan, image, ruang, dan fokus. Jadi, usahakan satu slide berisi satu pesan, satu image, satu ruang, dan satu fokus. Sekarang ini tren yang sedang berkembang adalah minimalis. Tak berhenti di situ saja, minimalis dalam slide tetap mempunyai syarat yang harus diberlakukan yakni memberi dampak yang maksimal alias optimal. Yuk, kita coba membuat powerpoint serba satu …

1- Satu slide satu pesan

Tajuk 5 teknik simplicity dalam slide yang ditulis oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah menjelaskan bahwa dalam membuat slide presentasi, usahakan untuk membuat satu pesan dalam satu slide. Terlalu banyak pesan dalam satu slide akan mengganggu konsentrasi Audiens. Alhasil, mereka justru sulit menangkap bahkan lupa dengan materi yang Anda sampaikan. Satu pesan tersebut boleh berupa satu kalimat atau satu frasa. Jika Anda menggunakan satu kalimat, maka pesan tersampaikan dengan jelas sehingga Anda bebas menambahkan gamba, grafik, table, ataupun diagram. Jika menggunakan frasa misalnya “hemat energi” maka perlu ditambahkan gambar yang sesuai agar tidak ambigu seperti misalnya gambar transportasi umum. Dengan begitu maka Audiens secara otomatis menangkap bahwa Audiens lebih baik menggunakan transportasi umum agar energi di bumi ini tidak terpakai secara berlebihan.

2- Satu slide satu image

Jika Anda menuangkan gambar dalam slide, maka Anda hanya butuh satu gambar yang mendukung pesan tersebut. Usahakan gambar tersebut mempunyai kualitas tinggi dan dapat ditempatkan di bagian slide manapun. Selain itu, hindari mencamtumkan gambar tanpa slide karena dapat menimbulkan multitafsir. Audiens justru bertanya-tanya apa maksud gambar tersebut sehingga mengganggu konsentrasi mereka.  

3- Satu slide punya satu space

Satu space digunakan untuk menuangkan teks dalam slide. Dalam hal ini, terdapat dua pilihan yang harus Anda pilih. Pertama, Anda hanya perlu mencari fot yang mempunyai space luas untuk dijadikan background slide. Kedua, Anda boleh memakai foto yang tidak ada space luasnya, namun Anda menciptakan space sendiri dengan shapes dalam image tersebut, entah persegi, lingkaran, atau shape lain.  Jika foto yang Anda pilih mempunyai warna mencolok seperti gambar di bawah ini, usahakan untuk membuat space shape tepat di tengah iamge Anda agar Audiens terfokus pada tulisan Anda. selain itu, gunakan warna analog yang sesuai dengan image yang ada di sekelilingnya. Jika image tersebut mempunyai warna orange di sekeliling slidenya, maka gunakan shape berwarna orange.

4- Satu slide satu titik focus

Selain menciptakan shape dalam slide, Cara lain yang dapat digunakan agar slide Anda mempunyai titik focus adalah menggunakan teknik pencahayaan. Terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pencahayaan yakni pewarnaan gambar, gradasi shape, dan cropping gambar. Anda perlu berhati-hati ketika mmebuat teknik ini karena Anda harus menyesuaikan antara sudut datangnya cahaya, bayangan yang ditimbulkan, serta tulisan yang ada pada cahaya yang disorot. Berikut contoh slide presentasi menggunakan teknik pencahayaan.

Nah, itulah tips membuat powerpoint serba satu yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga tips tersebut membantu Anda cara membuat powerpoint. Semoga bermanfaat untuk melejitkan skill desain slide presentasi. Kami siap memandu Anda untuk pelatihan seputar presentasi. Silakan menghubungi Bu Kuma di nomor 0857 3333 0407 untuk melakukan kerjasama.