Membangkitkan Emosi Melalui Warna


Membangkitkan emosi melalui warna. Dalam kehidupan sehari-hari, warna mempunyai peran penting karena indera penglihatan manusia menangkap warna pertama kali sebelum menangkap bagaimana bentuknya, ukurannya, hingga kegunaannya. Penggunaan warna mempunyai beberapa tujuan antara lain mempengaruhi emosi seseorang, mempromosikan sebuah merk, bahkan mempengaruhi tindakan seseorang. Yang akan kami bahas saat ini yakni penggunaan warna dalam desain dapat mempengaruhi emosi seseorang, bisa mengubah perasaan sedih menjadi gembira, perasaan gembira menjadi sedih, dan lainnya. Agar membangkitkan emosi melalui warna dapat memberikan dampak positif bagi siapapun yang melihatnya, silakan simak tajuk berikut yang kami ulas dari 99designs:

1- Membangkitkan emosi bahagia

Warna-warna hangat dapat meningkatkan perasaan bahagia, optimis, dan semangat sehingga akan merubah mood yang buruk menjadi lebih baik. Apa saja warna-warna yang dapat dipakai? Mulailah mempertimbangkan warna orange, merah, dan warna-warna pastel seperti peach, pink, dan lainnya. Yang pasti, semakin cerah warnanya, semakin semangat audiens yang akan melihatnya. Anda pun bisa menggabungkan beberapa warna primer dan sekunder untuk menciptakan warna-warna hangat yang lebih banyak.

2- Menciptakan Kesedihan

Hitam adalah sebuah contoh dari warna-warna gelap yang seringkali dianggap menciptakan aura kesedihan di dalamnya, seperti misalnya di beberapa negara warna hitam dipakai dalam acara berkabung sehingga mempunyai kesan sedih di dalamnya. Selain itu, dalam desain slide presentasi jarang dipakai karena ketika ditampilkan dalam layar proyektor, konten yang ada di dalamnya menjadi sulit dibaca. Lain halnya dengan cool color seperti coklat dapat menciptakan makna tersendiri tergantung dari pemakaiannya.

3- Memberikan Ketenangan

Warna-warna seperti biru, hijau, hingga mint dipercaya dapat memberikan ketenangan bagi orang yang melihatnya. Jika ingin memberikan warna-warna netral, cobalah menggunakan warna krem, abu-abu, dan putih.

4- Memberikan Energi

Warna-warna kuat seperti merah terang, kuning terang, hingga hijau neon dapat memberikan energi, namun juga bisa mengganggu penglihatan karena terlalu mencolok, tergantung bagaimana cara mengharmonikan warna-warna tersebut dengan warna-warna lainnya. Silakan baca juga tajuk inspirasi palet warna terbaik untuk mengetahui warna-warna harmoni yang patut Anda pertimbangkan.

Nah, cukup sekian tajuk membangkitkan emosi melalui warna yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga dapat membantu Anda untuk upgrade skill desain slide presentasi agar presentasi Anda tersampaikan dengan efektif dan efisien. Semoga tajuk membangkitkan emosi melalui warna ini bisa menjadi langkah pertama yang amazing sebelum menuju desain yang memukau. Jika ingin praktek langsung, kami siap mendampingi Anda, Silakan menghubungi Kreasi Presentasi di nomor 0857 3333 0407.