Langkah Memperkuat Presentasi Bisnis


Dalam artikel sebelumnya telah kita bahas topik terkait presentasi bisnis plus template yang bisa didapatkan di website Amazing Slide. Bagaimana? Apakah template tersebut sudah Anda dapatkan? Nah kali ini, kami ingin membahas langkah memperkuat presentasi bisnis dari sisi cara mempresentasikannya. Presentasi bisnis yang efektif merupakan langkah penting untuk mengenalkan produk/jasa yang Anda tawarkan demi melejitkan bisnis. Hal ini tentunya membutuhkan skill meyakinkan konsumen bahwa produk Anda lah yang terbaik, bahwa audiens perlu terlibat dengan apa yang sudah Anda tawarkan, bahwa Anda perlu mendorong ketertarikan audiens terhadap presentasi hingga produk Anda. Sekarang, Kreasi Presentasi akan merangkum langkah memperkuat presentasi bisnis dari forbes:

1- Tunjukkan Kredibilitas Anda Sejak Awal

Dalam presentasi bisnis, sebelum mengetahui materi yang Anda sampaikan, biasanya mereka akan melihat siapa Anda. Seringkali mereka akan lebih mendengarkan presentasi Anda jika mengetahui kredibilitas Anda. Jadi, sebelum mulai menyampaikan informasi, jangan ragu untuk menunjukkan kredibilitas Anda sejak awal. Anda bisa menceritakan cerita singkat tentang latar belakang Anda yang berhubungan dengan topik presentasi, atau boleh juga menceritakan sebuah kisah inspiratif seperti bagaimana usaha Anda memulai bisnis hingga mencapai titik ini.

2- Sampaikan Tujuan Presentasi di Awal

Langkah memperkuat presentasi bisnis yang kedua yakni sampaikan tujuan presentasi di awal. Jika audiens mengetahui tujuan presentasi di awal, mereka akan mudah terhubung dengan Anda dan materi inti yang ingin disampaikan. Dengan begitu jalan presentasi menjadi lebih mudah karena mereka akan melakukan tindakan dan pola pikir yang sesuai dengan yang Anda harapkan.

3- Tambahkan Informasi Pendukung

Untuk memperkuat presentasi, Anda bisa memberikan data/statistik/riset tertentu. Hal ini penting agar informasi yang Anda sampaikan dipercaya kebenarannya. Silakan baca juga tajuk Mengapa Infografis Penting untuk mengetahui alasan pentingnya data pada sebuah presentasi. Atau… Anda bisa menambah quotes-quotes dari beberapa tokoh yang ahli di bidangnya untuk memperkuat presentasi.

4- Ajukan Pertanyaan di Awal

Cobalah untuk mengajukan pertanyaan kepada audiens, misalnya, “Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa produk A banyak dicari oleh banyak orang baru-baru ini?” dengan begitu mereka akan mulai berpikir, kira-kira apakah kelebihan dan keuntungan dari produk A ini, hingga haruskah mereka membelinya. Anda perlu menganalisa hal-hal apa saja ingin mereka tahu sehingga memudahkan Anda mencari solusinya.

5- Menyiapkan Pertanyaan dan Jawaban

Jika audiens tidak mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab, bukan berarti Anda harus lega dan terburu-buru menutup presentasi. Cobalah untuk mempersiapkan pertanyaan sekaligus jawaban Anda sendiri. Cobalah memperkirakan pertanyaan apa yang sangat mungkin ingin diketahui oleh audiens. Di sisi lain, Anda juga perlu memperkirakan pertanyaan-pertanyaan berat yang mungkin saja ditanyakan agar tidak menggagalkan presentasi karena kesulitan menjawab.

6- Simpulkan Materi Keseluruhan

Dengan mereview apa yang Anda sampaikan dari awal, hal itu dapat membantu audiens mengingat materi Anda selamanya. Dengan begitu informasi yang Anda sampaikan dapat tersampaikan dengan efektif dan efisien. Bahkan, presenter kelas dunia seringkali menggunakan cara ini untuk menutup presentasi mereka.

Nah, sudahkah Anda memahami langkah memperkuat presentasi bisnis? Sekarang… waktunya mempraktekkan tips tersebut ke dalam presentasi Anda agar bisnis semakin melejit. Kreasi Presentasi siap memandu Anda untuk praktek langsung, silakan kerjasama bekerja sama dengan Kreasi Presentasi dengan menghubungi 085733330407.

Salam Amazing,