Kesalahan Umum Visualisasi Grafik


Infografis lagi. Iyadong, ternyata banyak hal-hal yang perlu dipelajari dalam infografis. Dalam infografis, Anda tentunya banyak menyajikan grafik pada slide presentasi. Nah, seringkali kita melupakan mudah dipahami atau tidakkah infografis itu menurut audiens? jika kesalahan umum visualisasi grafik berikut masih dilakukan, tujuan pembuatan infografis menjadi tidak terpenuhi karena audiens merasa bingung dalam menangkap informasi yang disampaikan. Agar presentasi tidak sia-sia, kira-kira bagaimana cara menghindari kesalahan umum visualisasi grafik? Berikut kami ulas dari Prezentio dan beberapa artikel:

  1. Alur Pembacaan Data yang Kurang Jelas

Saat mendesain slide infografis, tunjukkan dengan jelas bagaimana alur pembacaan yang dilihat audiens. apakah judul grafik yang pertama kali dilihat? Apakah nilai atau data tertentu yang ingin disorot? Kesalahan terjadi ketika kita tidak menekankan bagian terpenting dari slide tersebut sehingga audiens merasa bingung. Jangan biarkan audiens menebak bagian mana yang terpenting untuk dilihat. Dalam budaya barat, alur membaca slide yang dilakukan oleh audiens adalah dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Maka, perhatikan obyek grafik Anda sesuai dengan aliran pembacaan pada umumnya agar slide Anda mudah dibaca.

2. Terlalu Banyak Angka yang Ditampilkan

Terkadang kita menunjukkan data dengan detail seperti menampilkan data label dan skala yang ada pada sumbu Y, dengan harapan agar data tersebut tersampaikan dengan jelas. Padahal sebenarnya kita perlu mempertimbangkan penting tidaknya hal itu karena menjadikan slide infografis tampak padat dan kurang menarik. Alangkah baiknya memilih salah satu harus menampilkan data labelnya saja atau skalanya saja. seperti gambar di bawah ini, jika sudah menampilkan data label, maka skala 0-700 tidak perlu ditampilkan, dan sebaliknya.

3. Grafik yang Terlalu Rumit

Grafik 3D yang tampak rumit

Jika grafik terlalu rumit, jangan ragu untuk memecahnya menjadi beberapa grafik. Buatlah warna yang berbeda pada bagian yang terpenting. Tiap jenis grafik mempunyai kesalahan yang berbeda-beda. Berikut kesalahan umum dari setiap jenis grafik:

1) Grafik Garis. Kesalahan pada grafik ini misalnya terlalu banyak variabel pada satu grafik. 2) Grafik lingkaran dan donat. Kesalahan pada grafik ini adalah ketika nilai prosentase tidak berjumlah 100%. Selain itu, terlalu banyak kategori juga kurang baik bagi visualisasi data. Prezentio merekomendasikan maksimal 6 kategori agar tampilannya tetap terlihat elegan. 3) Grafik batang. Kesalahan ini terjadi ketika kita salah dalam menentukan warna. Jika terdapat lebih dari satu variabel, lebih baik gunakan warna yang berbeda pada masing-masing kategorinya, jika terdapat satu variabel, lebih baik gunakan satu warna saja, kecuali jika ada satu kategori penting yang ingin ditonjolkan, Anda boleh membedakan satu kategori itu saja. Berikut contoh grafik batang karya Hakim Asthra Yudhie:

Grafik batang dengan dua variabel
Grafik batang dengan satu variabel

4. Tujuan Presentasi Kurang Jelas

Kesalahan umum visualisasi grafik yang terakhir adalah tujuan presentasi kurang jelas. Saat menyusun presentasi, pastikan Anda mengetahui apa tujuan presentasi Anda? Apa yang ingin Anda capai dengan menunjukkan data Anda? Anda dapat memaparkannya di awal presentasi sehingga audiens tahu apa yang diharapkan.

Nah, jika kesalahan umum visualisasi grafik sudah dihindari, maka Anda akan lebih siap dan semangat dalam mempresentasikan data melalui infografis. semoga presentasi Anda berjalan dengan lancar dan mudah dipahami audiens.Jika ingin praktek langsung bersama Kreasi Presentasi, kami siap memenuhi permintaan itu melalui Workshop Amazing Slide Infographic. Silakan hubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing,