Kesalahan Umum saat Presentasi dan Solusinya


Salah satu kesalahan umum yang ada di dalam setiap diri manusia biasanya adalah ketika kita berbicara di depan umum. Tidak jarang muncul perasaan gugup atau nervous. Kalau sudah begitu apa yang akan kita bicarakan pasti bertele-tele dan informasi yang akan disampaikan pun juga tidak akan sampai ke pendengar.

Khususnya dalam hal presentasi, hal ini sangat menentukan kesuksesan presenter dalam mempresentasikan presentasinya. Penting bagi presenter untuk terus berlatih berbicara di depan umum agar informasi yang disampaikan dapat diterima oleh pendengar. Penyampaian yang lugas dan jelas akan menjadi tolak ukur apakah presenter tersebut mampu berpresentasi dengan sukses atau tidak.

Membahas kesalahan umum dalam presentasi saja tidak ada arti jika tanpa solusi. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh presenter beserta solusi dalam menghadapi masalah tersebut.

1 – Gugup atau nervous.

Kesalahan umum pertama yang sering dijumpai dalam setiap presentasi adalah adanya perasaan gugup pada presenter. Biasanya penyebab dari kegugupan ini bermacam-macam. Misalnya saja presenter gugup karena perbedaan strata sosial audiens lebih tinggi. Yang dimaksud strata sosial lebih tinggi ini adalah jabatan yang dimiliki audiens lebih tinggi dari presenter. Secara tidak langsung presenter akan merasa tidak enak hati. Nah, biasanya kegugupan ini muncul karena kita merasa memiliki banyak perbedaan dengan audiens.

Salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah dengan mengetahui profil audiens lebih dalam sebelumnya. Misalnya saja dalam hal sepele, yaitu hobi.  Carilah persamaan dengan audiens melalui hobi. Jika sama-sama hobi menonton bola, maka bangunlah kedekatan dari sana. Ajak berdiskusi mengenai pertandingan kemarin atau apapun mengenai bola.

Banyak hal sebenarnya untuk membangun kedekatan dengan orang lain. Karena ketika kita mempunyai kesamaan, cara berpikir kita juga akan cenderung searah. Dengan begitu pasti akan menimbulkan kenyamanan dalam berkomunikasi, kalau sudah merasa nyaman, keakraban pun akan mudah terjalin. Nah, dengan ini kegugupan Anda akan perlahan-lahan memudar dan suasana presentasi pun menjadi hangat.

2 – Durasi Presentasi Berubah.

Durasi presentasi yang berubah dalam sebuah event bukanlah hal baru. Banyak hal-hal mendadak yang tidak bisa dihindari selama event berlangsung. Misalnya saja, banyak audiens yang belum datang atau salah satu pejabat yang menjadi pembicara belum sampai ke tempat presentasi. Presentasi yang awalnya direncanakan berlangsung selama 2 jam, terpangkas menjadi satu jam bahkan 45 menit!

Hal-hal seperti itu seharusnya sudah diperhitungkan oleh presenter. Presenter harus sudah prepare dengan materi presentasi yang fleksibel. Caranya adalah dengan menyiapkan kata kunci untuk setiap informasi yang penting untuk disampaikan. Miliki kata kunci yang dapat dibahas dalam durasi pendek maupun panjang. Dengan adanya kata kunci tersebut, Anda sudah pasti bisa membuat narasi sendiri tanpa menampilkan banyak slide yang telah Anda buat sebelumnya. Dan kata kunci ini akan menjamin jalannya presentasi Anda aman berapapun durasinya.   

3 – Tidak Menguasai Materi Presentasi.

Kesalahan umum saat presentasi selanjutnya adalah ketika presenter tidak menguasai materi presentasi yang dibuat sebelumnya. Padahal penguasaan materi ini sangat penting dilakukan oleh presenter. Sebelum presentasi, pelajarilah materi yang Anda buat sendiri sampai benar-benar paham. Apabila Anda sudah paham dengan materi presentasi yang Anda buat sendiri pada saat presentasi, pasti Anda akan merasa percaya diri tampil di depan audiens.

Nah, beberapa cara agar kita dapat menguasai materi sendiri adalah dengan sering berlatih, menghapal skrip presentasi, dan meminta orang lain untuk menilai seberapa jauh kita sudah memahami materi presentasi yang kita buat sendiri.  Selain itu, jangan takut untuk menambah jam terbang presentasi Anda sendiri dengan sering mengadakan event, baik seminar maupun pelatihan. Dengan begitu, semakin Anda sering melakukan presentasi di depan umum, maka Anda akan semakin terbiasa.

4 – Blank saat Presentasi.

Bukan tidak mungkin jika ditengah presentasi, tiba-tiba kita lupa dengan kelanjutan materi presentasi kita sendiri. Kesalahan umum saat presentasi seperti itu sudah biasa. Entah karena kita terlalu gugup, kelelahan, atau yang lainnya. Jika hal ini terjadi, solusinya adalah pastikan persiapan presentasi Anda sebelumnya sudah siap. Siap yang meliputi kelengkapan presentasi seperti laptop, pointer, modul pelatihan dan kondisi Anda sendiri. Kondisi yang prima juga akan berpengaruh nantinya. Jaga asupan gizi dan tidur lebih awal sangat disarankan.

Jangan ragu untuk membuat check list apa saja yang harus dilakukan, apa saja yang harus dipersiapkan, materi pembuka seperti apa, materi penutup seperti apa, dan lain-lain sesuai kebutuhan presenter. Jangan lupa dilengkapi dengan target waktu persiapannya agar kita lebih siap.

5 – Audiens Tidak Memperhatikan.

Pada saat presentasi, kita akan bertemu dengan audiens dengan berbagai macam karakter. Entah itu pendiam, suka bercanda, perhatian, acuh tak acuh dan lain-lain. Nah, untuk menyatukan berbagai macam karakter audiens, sebaiknya kita sebagai presenter mampu memandu jalannya presentasi agar tenang.

Ada beberapa penyebab mengapa audiens tidak memperhatikan presenter saat presentasi, dua diantaranya yaitu presenter tidak memberikan kontrak aturan presentasi di awal, seperti tidak sibuk dengan smartphone selama jalannya presentasi, men-silent smartphone dan mengikuti presentasi hingga usai dan lain-lain. Penyebab selanjutnya adalah, presenter langsung masuk materi presentasi tanpa pencairan suasana terlebih dahulu. Sebelum memulai presentasi, penting juga untuk memberikan ice breaking atau joke segar untuk mencairkan suasana dan mendekatkan diri dengan audiens. Dengan adanya joke dan ice breaking, antara presenter dan audiens tidak akan terjadi ketegangan selama presentasi berlangsung.

Agar kesalahan umum saat presentasi dapat diminimalisir, penting bagi presenter untuk mempersiapkan presentasi jauh-jauh hari, baik materi maupun kondisi fisik. Karena penentu suksesnya presentasi adalah pada penguasaan materi. Oleh karena itu, sering-seringlah berlatih untuk penguasaan materi, jangan sungkan untuk meminta penilaian orang lain mengenai presentasi Anda.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mempelajari presentasi, maka silahkan ikuti Workshop Amazing Slide Presentation yang akan dipandu oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah. Oiya, pada bulan April nanti Kreasi Presentasi juga mengadakan Event Public yang terbuka untuk umum. Booking tempatnya sekarang juga dengan mengubungi Ayu 0812 3271 6030.

Salam Amazing,