Kesalahan Gambar Slide Presentasi


Kesalahan Gambar Slide Presentasi. Ketika mendesain slide presentasi, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan yakni slide presentasi yang visual. Untuk mencapai itu semua, ada 3 komponen dasar yang mendukung slide presentasi. Pertama, gambar. Kedua, warna. Ketiga, font. Dari ketiga komponen tersebut, komponen utama yang melekat dengan cepat dalam benak audiens yakni poin pertama, yakni gambar. Sebelum mulai mencari resource gambar-gambar yang akan dipakai, alangkah baiknya memahami kesalahan gambar slide presentasi yang kami ulas dari slide team:

1- Gambar yang Terlalu Kecil

Salah satu kesalahan gambar slide presentasi yakni membiarkan gambar diletakkan pada ruang yang kecil. Tentu saja hal ini akan menyiksa penglihatan audiens karena menebak-nebak gambar apa yang sebenarnya ingin Anda tampilkan. Jika Anda mempunyai banyak teks, tampilkan setengah bagian pada sisi kanan untuk teks dan bagian kiri untuk gambar, atau sebaliknya.

2- Terlalu Banyak Gambar yang Ditampilkan

Karena banyak yang mengatakan gambar lebih bermakna dari apapun, banyak presenter yang menggunakan terlalu banyak gambar dalam slide presentasi. Mungkin maksudnya semakin banyak akan semakin amazing, padahal sebenarnya jika terlalu berlebihan, Anda akan kesulitan memberikan ruang pada konten sehingga slide presentasi justru terlihat lebih penuh dan padat. Lebih baik menggunakan gambar tunggal dengan ukuran besar seperti yang dijelaskan pada poin 1. Jika memang terpaksa harus menampilkan banyak gambar, usahakan memberikan outline pada masing-masing gambar agar terlihat lebih rapi.

3- Mencantumkan Watermark Gambar

Ketika mendownload gambar di beberapa situs, seringkali Anda menemukan gambar dengan watermark di dalamnya. Tidak baik jika memaksakan menampilkan gambar tersebut. Walaupun ukuran gambar Anda tidak cukup besar, watermark akan terlihat menutupi gambar sehingga kurang bagus untuk dilihat.

4- Background full color

Usahakan tidak menggunakan background berwarna pelangi atau warna-warna full color karena hal itu dapat menyilaukan penglihatan. Bahkan, audiens akan kesulitan membaca konten Anda. Alangkah baiknya Anda menggunakan background gambar yang sesuai konten seperti misalnya jika konten Anda menunjukkan pertumbuhan, gunakan gambar gedung tinggi, pohon, atau anak tangga.

5- Gambar yang Stretched

Terkadang beberapa gambar mempunyai rasio yang tidak sesuai dengan keinginan kita, seperti misalnya gambar tersebut memanjang ke bawah, sementara kita membutuhkan gambar yang memanjang ke samping. Kebanyakan kesalahan terjadi jika Anda memaksa menarik gambar ke samping sehingga gambar terlihat stretched dan tak beraturan. Anda perlu memotong gambar dalam fitur crop untuk meresize aspek rasio gambar.

6- Terlalu Tebal Memberi Outline Gambar

Memberi outline gambar yang terlalu tebal menjadikan gambar lebih mirip seperti pigora. Usahakan memberikan outline tidak lebih dari 1 point agar terlihat memukau. Berikan warna cerah pada outline jika gambar yang Anda gunakan merupakan gambar yang gelap dan sebaliknya.

7- Posisi gambar kurang tepat

Jika Anda memasukkan gambar berupa obyek hidup seperti manusia, usahakan untuk memastikan arah dan posisi gambar tersebut. Yang perlu Anda pastikan yakni arah penglihatan dari karakter yang ditampilkan. Pada contoh di bawah ini, gambar bagian atas tidak disarankan karena konten berada di kanan slide, sedangkan arah gambar mengarah ke kiri (luar slide), bukan ke arah konten. Hanya ada dua pilihan untuk membuatnya menjadi benar. Jika konten berada di kanan, gunakan fitur rotate agar arah gambar juga menghadap ke kanan. Jika tidak ingin mengubah gambar, posisikan konten berbanding lurus dengan arah gambar, jika arah gambar menghadap ke kiri, maka konten berada di sisi kiri slide, begitupun jika Anda membuatnya ke arah kanan.

Nah, itulah kesalahan gambar slide presentasi yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga bisa meningkatkan skill desain slide presentasi. Untuk memperkaya referensi, silakan baca juga teknik memilih gambar slide presentasi karya Pakar Slide Dhony Firmansyah. Jika ingin praktek langsung, silakan mengikuti pelatihan dengan menghubungi 0857 3333 0407 (Bu Isti). Semoga larangan dan aturan penggunaan gambar ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Amazing,