Kata Mengesankan dalam Presentasi


Kata mengesankan dalam presentasi perlu diperhatikan sebagai bentuk kewajiban kita dalam menjaga hubungan baik antar manusia. Karena jika hal itu tidak dilakukan, orang-orang yang ada di sekitar kita pun akan menjauh dari kehidupan kita. Cara untuk menjaga hubungan yang baik itu sangat sederhana, namun beberapa orang sering melupakan hal itu. Yang menjadi kunci adalah menghargai orang lain. Dengan begitu sikap dan perilaku diri harus dijaga agar tidak menyakiti hati orang lain. kita memang tidak bisa membahagiakan semua orang, namun apa susahnya menghargai ? sebagai presenter, ada kata mengesankan dalam presentasi yang mempunyai dampak luar biasa.

Kata mengesankan dalam presentasi antara lain terima kasih, tolong, dan maaf. 3 kata tersebut lebih besar nilainya daripada uang. Orang lain tidak membutuhkan materi sebagai bentuk penghargaan. Seperti tajuk berjudul Ajaibnya Terimakasih dan Maaf yang ditulis oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah. Berikut kata mengesankan dalam presentasi yang perlu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

1- Terima Kasih

Ucapan terima kasih biasanya diucapkan saat seseorang mendapatkan bantuan dari orang lain. Dengan ucapan terima kasih, orang yang membantu akan merasa dihargai dan merasa senang telah membantu kita. Ingatlah selalu, bahwa tanpa bantuan orang lain, kesulitan yang kita hadapi akan terasa berat jika dilakukan sendiri. Maka dari itu jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih tanpa melihat besar atau kecil bantuan yang didapatkan. Setiap bantuan layak untuk diberi harga. Bukan uang yang menjadi harga sebuah bantuan, namun rasa terima kasih yang tuluslah yang mempunyai makna luar biasa.

Seperti misalnya ketika memandu sebuah workshop, ucapkan terimakasih kepada peserta yang sudah meluangkan waktu, tenaga, pikiran bahkan biaya untuk mengikuti workshop dan sudah mengerjakan tugas yang telah diberikan.

2- Tolong

Dalam meminta orang lain untuk melakukan sesuatu, seringkali kita lupa untuk mengucapkan kata tolong. Padahal kata tersebut sangat penting karena kita yang membutuhkan pertolongan tersebut, tanpa membedakan usia muda ataupun tua. Tanpa kata tolong, seseorang akan terlihat seperti memerintah. Kata tolong nantinya berdampak luar biasa karena orang yang menolong akan lebih ikhlas untuk melakukannya dan terhindar dari perasaan jengkel. Yang mengucapkan kata tolong pun akan terlihat berwibawa karena dianggap mampu menghargai sesamanya.

Anda dapat membandingkan kedua kalimat di bawah ini :

“berdiri dong….”

“bolehkah saya meminta tolong Bapak Ibu untuk berdiri…”

Pasti lebih pantas diucapkan kalimat yang di bawah, bukan ? perbedaannya hanya sedikit yaitu menambah kata tolong dalam kalimat. Dengan begitu sebuah permintaan tolong tidak terlihat seperti memerintah.

3- Maaf

Manusia adalah insan yang tidak terlepas dari kesalahan, sebab kebenaran hanyalah milik Allah SWT. Ketika berbuat salah dan tidak sengaja menyakiti hati orang lain, sudah sepatutnya kita meminta maaf. Bahkan ketika terlibat suatu pertengkaran dan merasa tidak bersalah pun alangkah baiknya untuk meminta maaf untuk meredam emosi lawan bicara. Meminta maaf membuat kita terhindar dari sifat sombong. Karena biasanya orang merasa enggan untuk meminta maaf karena merasa paling benar dan tidak pernah melakukan kesalahan sekecilpun semasa hidupnya.

Ibarat pepatah yang mengatakan “Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.“ Anda dapat membayangkan jika Anda merasa tersaikiti atas perilaku orang lain dan orang tersebut tidak meminta maaf ? pasti rasa sakit itu akan semakin besar dan menyesakkan dada.

Seperti misalnya dalam suatu workshop, ada kalanya peserta pelatihan mempunyai pendapat yang berbeda. Alih-alih membela diri, awalilah dengan meminta maaf baru kemudian menjelaskan sesuai pemahaman kita. Jika memang pendapat peserta lebih akurat, mintalah maaf dan ikuti saran mereka.

Nah, itulah kata mengesankan dalam presentasi agar kita senantiasa menghargai orang lain yang juga hidup di bumi yang sama seperti kita. Semoga kata ajaib presentasi tersebut bukan hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga diamalkan dalam kehidupan. Terima kasih telah membaca blog Kreasi Presentasi. Tak lupa ucapan maaf kepada Anda jika terdapat tulisan yang kurang berkenan selama ini. Semoga bermanfaat…

Salam Amazing,