Inhouse Training Presentation PT PPA Batch 6

Syukur Alhamdulillah Training “Slide Presentasti Profesional” bertajuk “Amazing Slide Presentation” Batch 6 bersama PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) berjalan dengan lancar, pada tanggal 23-24 Januari 2019. Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 14 peserta dari karyawan PT PPA, training berlokasi di kantor PPA, Sampoerna Strategic Square Tower A Lt 10 Jl. Jend. Sudirman Jakarta. Training ini dipandu langsung oleh Tim Kreasi Presentasi Pakar Slide Dhony Firmansyah dan Hakim Asthra Yudhie.

Materi hari pertama Inhouse Training Presentation PT PPA Batch 6

Sebelum memulai training, peserta diminta untuk memilih tema presentasi. Tema presentasi yang diambil tidak jauh dari tema-tema umum dan kekinian yang masih bisa disangkutpautkan dengan pekerjaan dan perusahaan mereka. Setelah peserta memilih tema, peserta diminta untuk mengisi lembar pretest. Lembar pretest ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan peserta tentang PowerPoint dan Presentasi.

Selanjutnya materi dibuka dengan mindset presentasi yang membahas studi kasus “Slide Presentasi Bill Gates”, kemudian dilanjutkan dengan membahas 3 visualisasi slide presentasi yang mencakup Color, Font, dan Image. Pembahasan yang mendalam dan disertai contoh membuat peserta paham dan langsung mengaplikasikannya dalam praktik. Dalam training ini, peserta dapat langsung berkonsultasi dan berdiskusi dengan trainer mengenai slide presentasi mereka, apa yang kurang dan apa yang harus diperbaiki.


Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi, Infografis & Videografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Ibu Isti)


Selain mempelajari tentang visualisasi slide presentasi, peserta juga diajarkan untuk mempelajari tentang layout (Grid Layout). Ilmu ini biasanya digunakan para desainer untuk menempatkan suatu objek agar terlihat menarik. Dan dalam training ini peserta mempelajari ilmu tersebut tidak hanya teori, namun peserta dapat membuatnya dan langsung berlatih menempatkan objek gambar serta penjelasan. Ilmu ini dapat membantu peserta dalam mendesain slide presentasi yang eye catching.

Dalam setiap akhir training, peserta diminta untuk mengumpulkan tugas yang telah mereka buat selama pelatihan berlangsung. Hal ini dimaksudkan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman peserta. Peserta yang mengumpulkan tugas akan kami berikan reward sebagai tanda apresiasi dari kami.

Materi hari kedua Inhouse Training Presentation PT PPA Batch 6

Peserta semakin antusias mengikuti Inhouse Training Presentation ini, peserta diajarkan bagaimana memvisualisasikan data berupa materi presentasi. Peserta mempelajari skill menyusun presentasi dengan cepat, yakni dengan menggunakan 2 teknik. “Teknik Linear” dalam Buku Presentation Zen karya Garr Reynold dan “Teknik Piramida” dalam Buku The Back of the Napkin karya Dan Roam. Sebagai acuan dalam pembuatan presentasi, pada training kali ini masih menggunakan Teknik Linear, karena teknik ini sangat mudah diterapkan dalam pembuatan materi presentasi dan dengan waktu yang singkat.

Kemudian, peserta diajarkan bagaimana membuat presentasi yang sistematis. Diawali dengan mengenal konsep 3 SI (Reduksi, Organisasi, Optimasi), konsep ini membantu agar slide presentasi yang di desain optimal dan tidak terlalu padat. Dilanjutkan dengan mebahas “What” (Definisi) sesuai dengan judul presentasi yang akan dibuat peserta. Memasuki tahapan berikutnya membahas tentang “Why” (Data), pada sesi ini peserta mendapatkan materi tentang Grafik dan elemen slide presentasi. Peserta mencari data-data yang terpercaya pada halaman google, seputar materi presentasi yang peserta buat.

Tahapan berikutnya membahas tentang “How” (Tahapan-tahapan Solusi), pada sesi ini peserta mendapatkan materi diagram serta visualisasinya. Sebagai pembahasan terakhir, peserta mendapatkan materi animasi, transisi, audio dan video dalam presentasi. Sepanjang training ini, peserta selalu mendapatkan pendampingan yang optimal dari tim Kreasi Presentasi.

Di akhir Inhouse Training Presentation PT PPA Batch 6, peserta diminta untuk mempresentasikan presentasinya. Peserta yang tampil kali ini membahas tema Dewasa, Keluarga, Team Work, dan Culture (Mentawai). Peserta yang mempresentasikan presentasinya akan mendapatkan feedback langsung dari tim Kreasi Presentasi.

Terimakasih kepada peserta PT PPA Batch 6 karena telah mengikuti Inhouse Training Presentation ini dari awal hingga akhir. Semoga dengan training ini, rekan-rekan PT PPA dapat menambah wawasan dan kemampuan di bidang presentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.