Inhouse Training Infografis SESDILU


Kebutuhan media visual sangat dibutuhkan dalam melakukan sosialisasi ataupun pemberitahuan kepada umum entah itu berupa informasi ataupun data. Infografis merupakan salah satu solusi agar informasi atau data yang ditampilkan menjadi lebih menarik & lebih visual serta mudah dipahami.

Kreasi Presentasi sebagai perusahaan yang fokus pada optimasi desain slide, infografis dan videografis kali ini diundang untuk memberikan materi Infografis kepada rekan-rekan dari Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (SESDILU). Training ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 27 – 28 Februari 2019 bertempat di Gedung Pusdiklat Kemenlu dan dihadiri oleh 33 orang dari SESDILU angkatan 63. Inhouse Training Infografis SESDILU di PCU dipandu langsung oleh Panji Priambudi sebagai trainer utama dan didampingi oleh Associate trainer Kreasi Presentasi yaitu Hakim Asthra Yudhie.

Materi yang dipelajari di hari pertama training adalah pengenalan infografis, macam-macam infografis, syarat infografis yang baik, pemilihan font yang tepat serta pembuatan template warna. Tidak hanya itu, peserta juga diberikan tips dalam membuat layout yang baik dalam slide presentasi dan rekomendasi website dalam mencari sumber daya untuk infografis. Di hari pertama peserta juga mendapatkan tugas yang harus dikumpulkan.

Jika Anda ingin belajar cara membuat infografis yang menarik dengan powerpoint, Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi, Infografis & Videografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Ibu Isti).

Menginjak hari kedua, materi yang dipelajari adalah pengenalan tentang diagram sekaligus pengenalan tentang icon serta bagaimana mengoptimasinya di powerpoint.  Para peserta sebelumnya telah mendapatkan instruksi untuk membuat infografis dengan tema besar “BE THE NEW YOU”. Banyak sekali topik – topik beragam yang dibuat oleh para peserta dalam training ini. Rata-rata mengambil data dari artikel, kebijakan bahkan sebagian dari artikel yang telah mereka tulis di media daring.  Sebelum istirahat siang, peserta diminta untuk memilih 2-5 slide yang akan disusun hingga menjadi infografis vertikal. Rata-rata peserta merasakan bahwa ternyata membuat infografis itu mudah jika sudah paham pondasinya seperti apa dan memperbanyak inspirasi serta referensi serta banyak berlatih. Salah satu hal yang menarik adalah karena materi ini adalah yang pertama kali mereka dapatkan adalah mereka takjub bahwa ternyata merekapun bisa membuat infografis yang selama ini dikira menggunakan software seperti corel draw ataupun adobe illustrator.

Setelah istirahat makan siang, para peserta mendapatkan feedback langsung dari tim kreasi presentasi dari infografis yang telah mereka kirim sebelumnya. Banyak sekali insight yang didapat di sesi ini karena para peserta aktif bertanya dan mengapresiasi karya rekan-rekannya yang lain. Tugas untuk para peserta tidak berakhir di sesi ini saja, karena mereka diharuskan membuat media infografis yang layak untuk dibagikan di social media dengan tema yang telah ditentukan sekaligus sebagai ujian untuk mereka semua.

Kami dari Kreasi Presentasi memberikan apresiasi untuk 2 orang terpilih yang menurut kami hasil desain infografisnya paling bagus dan sesuai dengan yang telah diajarkan di kelas. 2 orang pemenang ini mendapatkan buku Amazing Slide Infografis & Videografis. Semoga dengan adanya training infografis bisa membantu para peserta di SESDILU untuk meningkatkan skillnya dalam desain slide infografis.

Terima Kasih & Salam Amazing,

Panji Priambudi (Presentation Consultant)