Inhouse Training Infografis SESDILU Batch 9


Suatu kehormatan bagi Kreasi Presentasi mendapatkan jadwal kembali, sebagai pemateri inhouse training infografis untuk Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (SESDILU) angkatan 65 Kementerian Luar Negeri RI. Inhouse training infografis SESDILU batch 9 ini merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan kepada Kreasi Presentasi akan terus kami jaga. Kreasi Presentasi merupakan pemateri tetap di SESDILU untuk para Diplomat Muda Kementerian Luar Negeri RI dalam mempelajari Skill Infografis.

Inhouse training infografis SESDILU 65 – Batch 9 diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober s.d. 1 November 2019, di Pusdiklat Kementerian Luar Negeri SESDILU Lantai 3, Jl. Sisingamangaraja No. 73, Jakarta Selatan diikuti oleh 29 peserta. Seperti angkatan-angkatan sebelumnya workshop infografis ini dilaksanakan dalam waktu satu setengah hari, workshop dipandu oleh tim Kreasi Presentasi Pakar Slide Dhony Firmansyah dan Slide Makeover Expert Hakim Asthra Yudhie.

Workshop Infografis SESDILU 65 ini, difokuskan kepada visualisasi informasi maupun data dengan tampilan bernuansa infografis. Dalam pembuatannya tentunya menggunakan software PowerPoint yang sudah familiar dengan peserta.

Peserta inhouse training infografis SESDILU batch 9 mempelajari tentang bagaimana menentukan warna yang harmoni, font, membuat meteri infografis, diagram, icon, text layout dan vector. Pada materi text layout ada yang menarik dalam pembahasannya, mau tau ….

Baiklah kami akan membahasnya secara singkat.

Banyak yang harus dipelajari dalam pembuatan infografis misalnya tidak boleh sembarang menata atau menempatkan teks pada infografis, apabila kita tidak paham dengan ilmunya hasilnya akan berantakan dan tidak mudah untuk dipahami audience maupun para pembaca. Agar terhindar dari hal tersebut perhatikan hal ini :

Pertama, reduksi kalimat tersebut sehingga terdapat intisari dari pesan tersebut. Sehingga orang lain mudah memahami pesan tersebut denga cepat.

Kedua, buatlah kaliamat tersebut menjadi 3 sampai 4 baris, apabila pesan yang disampaikan panjang maka berikan spasih (enter) dengan membuat paragraph berikutnya.

Ketiga, hindari tail (kata yang terpisah). Perlu diperhatikan kembali pada kalimat yang kita tampilkan hidari ada satu maupun dua kata yang tertingal di bagian bawah. Anda dapat mengeser teks layout sehingga jarak atara kata terakhir dengan kalimat diatas tidak terlalu jauh.

Keempat, Buat penataan pesan 2 hingga 3 kolom. Bila Anda menampilkan pesan berupa paragraph hidarkan menampilkan melebar memenuhi slide, karena akan melelahkan pembaca.

Nah, sekian pembahasan singkat dari kami. Bila Anda ingin tau mendalam tentang tips tersebut, anda bisa megikuti workshop infografis seperti yang diadakan SESDILU.


Untuk Anda yang ingin mempelajari Presentasi, Infografis, Visualisasi data & Videografis, dan Analisa Data, silahkan hubungi Bu Isti (0857 3333 0407)


Sesi akhir workshop, peserta diminta mengabungkan beberapa hasil latihannya, berupa Cover, What atau Why, How dan Reference. Dan hasil akhirnya menjadi infografis vertikal, bisa diposting di media sosial seperti pinterest.com

Kami ucapkan Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta inhouse training Infografis SESDILU Batch 9 Kementerian Luar Negeri RI atas kepercayaan yang diberikan kepada Kreasi Presentasi. Semoga ilmunya bermanfaat dan kerjasama ini dapat terus terjalin.

Salam Amazing !!!