Icon Menarik untuk Slide Presentasi


Dalam perkembangan teknologi saat ini, informasi dan data yang sederhana banyak dibutuhkan oleh masyarakat yang memerlukan informasi yang cepat dan tidak ribet. Dalam hal presentasi pun juga sama, pembaca/audiens ingin mendapatkan suatu informasi yang simpel dan mudah dipahami tetapi menarik. Salah satu cara agar informasi mudah dipahami tetapi menarik adalah dengan menyederhanakan informasi menggunakan icon. Icon ini adalah flat design simple yang disimbolkan dengan gambar kecil. Contoh penggunaan icon adalah yang terdapat pada blog, desktop PC/laptop, smartphone, dan lain-lain.

Icon menurut Aurora Harley (konsultan di Nielsen Norman Group) adalah representasi sederhana atau bentuk visual dari ide, obyek, produk ataupun perilaku. Jadi dengan menggunakan icon pada presentasi, audiens akan lebih mudah memahami informasi yang ingin Anda sampaikan jauh lebih cepat daripada penyampaian informasi sebelum menggunakan icon.

Untuk itulah, penggunaaan icon dalam presentasi disarankan. Selain untuk memudahkan pembaca dalam menerima informasi, icon juga dapat memperindah tampilan visual pada slide presentasi Anda. Berikut adalah beberapa cara agar icon menarik untuk slide presentasi Anda sesuai dengan referensi dari Nielsen Norman Group Consulting:

1 – Gunakan icon yang universal.

Penggunaan icon menarik untuk slide presentasi Anda yang pertama adalah pilihlah Icon yang universal. Icon yang universal adalah icon yang sebelumnya sudah dibuat dan disepakati secara umum kapanpun dan dimanapun. Hal ini dilakukan agar audiens/pembaca langsung memahami informasi yang akan disampaikan. Penggunaan icon yang universal dapat dilihat dibawah ini, icon dapat digunakan dalam angkutan umum seperti kereta atau bus kota. Karena beberapa angkutan umum sudah menyediakan kursi prioritas, yaitu kursi khusus yang digunakan oleh kendala fisik, lansia, wanita hamil, dan seseorang yang membawa balita.

Dengan menggunakan icon yang universal, audiens tidak akan mengalami kesulitan ketika memahami informasi yang disampaikan.

2 – Tentukan template warna icon

Sebelum membuat slide presentasi, tentukan terlebih dahulu template warna yang akan Anda gunakan. Setelah itu, sesuaikan icon dengan warna template yang Anda pilih tadi. Warna yang harmoni antara slide dengan icon akan menciptakan visualisasi yang menarik bagi audiens. Warna yang digunakan dalam icon juga harus seimbang, tidak terlalu kontras, dan juga tidak terlalu buram. Usahakan bahwa tiap icon yang digunakan memiliki warna yang sama. Seperti contoh dibawah ini, warna icon yang digunakan adalah sama-sama berwarna putih.

3 – Apple to Apple

Untuk membuat icon menarik untuk slide presentasi selanjutnya adalah dengan cara Apple to Apple. Apple to apple ini adalah kita harus menggunakan icon yang memiliki kesamaan bentuk, ukuran, maupun varian warna. Salah satu penyedia layanan icon yang gratis dan berbayar adalah Flaticon. Pada  website ini biasanya sudah disediakan beberapa bentuk icon pack yang memiliki kesamaan bentuk. Baik icon yang berbentuk lingkaran dan kotak.

Pemilihan kesamaan bentuk icon ini perlu dilakukan, agar kita dapat dengan mudah mengatur penempatan icon dalam slide presentasi. Penempatan icon yang rapi dan seragam akan membuat slide presentasi kita terlihat lebih profesional. Selain itu, audiens juga akan lebih mudah membaca point per point pesan yang ingin kita sampaikan.

Salah satu penggunaan icon secara Apple to Apple adalah pada interface smartphone. Seperti dibawah ini, penggunaan icon diseragamkan berbentuk kotak. Interface yang seragam seperti ini tidak akan menyulitkan audiens untuk langsung memaknai informasi hanya dengan menggunakan icon.

4 – Gunakan Label Teks

Sudah kita bahas sebelumnya bahwa terdapat icon yang sifatnya universal, yaitu yang sudah melalui kesepakatan bersama sebelumnya. Tetapi jangan khawatir, jika icon yang Anda cari tidak memiliki kesepakatan bersama atau konsensus, seperti misalnya icon untuk Visi dan Misi perusahaan, maka gunakan label teks dibawah icon sebagai keterangan.

Namun penggunaan label teks juga harus diperhatikan. Cukup satu atau dua kata saja yang digunakan. Hal ini dimaksudkan agar tampilan dalam slide presentasi maupun interface smartphone tidak terlihat penuh. Selain itu, penggunaan label teks sebaiknya diletakkan di bawah icon. Hal ini agar audiens dapat mengingat bentuk, warna dan nama icon.

5 – Perhatikan Ruang Kosong

Desain yang menarik adalah desain yang setidaknya menyediakan ruang kosong atau white space. Ruang kosong pada desain akan membuat audiens lebih mudah memahami isi pesan yang Anda sampaikan. Khususnya dalam slide presentasi, desain yang menyediakan ruang kosong akan terlihat lebih bersih, dewasa dan profesional.

Demikian juga dalam hal penempatan icon. Jika terlalu banyak icon dan label teks, maka desain kita terlihat penuh dan membuat bingung audiens dalam memahami isi pesan yang Anda sampaikan. Sebagai contoh dibawah ini, tampilan ini diambil dari tampilan setting pada Windows. Tampilan seperti ini terlihat penuh dan kurang memperhatikan ruang kosong.

Nah, oleh karena itu gunakan icon yang seperlunya saja agar tampilan slide presentasi Anda terlihat lebih menarik secara visual dan profesional. Dengan begitu, tampilan slide presentasi Anda kian efektif untuk menyampaikan isi pesan.

Kesimpulannya, pilihlah template warna yang akan Anda gunakan terlebih dahulu, kemudian tentukan jenis icon yang akan Anda gunakan. Berbentuk lingkaran atau kotak. Kemudian, seragamkan warna icon-nya. Dan terakhir, tampilkan icon seefektif mungkin. Sehingga slide presentasi Anda terlihat menarik dan audiens dengan mudah memahami isi pesan yang Anda sampaikan. Itulah beberapa cara agar icon menarik untuk slide presentasi Anda. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda kesulitan untuk mendesain slide presentasi Anda, silahkan mengikuti Workshop Amazing Slide Public yang akan diadakan di Jakarta pada tanggal 20-21 April 2019 dan dipandu langsung oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Ayu 0812 3271 6030 (Ayu)

Salam Amazing,