Font yang Wajib Dimiliki

Untuk bisa mendesain slide presentasi powerpoint dengan wow, kita tidak perlu menjadi desainer, cukup berpikir seperti layaknya seorang desainer saja. Bagaimana caranya? Salah satu komponen yang perlu didesain dalam slide powerpoint adalah jenis huruf atau fonts.

Dalam buku Amazing Slide Presentation, saya pernah menulis pembagian jenis font. Kali ini saya mencoba menyajikan jenis-jenis font yang wajib dimiliki untuk mendesain slide powerpoint. Jenis font ini saya kumpulkan dari beberapa referensi desainer kelas dunia. Font yang wajib dimiliki ini akan tampak profesional dalam slide.  Font tersebut mudah dibaca namun tetap elegan jika ditampilkan dalam slide presentasi.

Dari banyak referensi yang saya kumpulkan, akhirnya saya menentukan 6 font yang wajib dimiliki. Tentu saja, plus minus font yang saya pilih berdasar subyektifitas pribadi. Hanya saja, sebagian besar website desain yang saya baca, mereferensikan fonts tersebut. Dari 6 jenis fonts, 3 diantaranya dari jenis huruf “Serif” dan sisanya dari huruf jenis “Sans Serif”.

Fonts atau jenis huruf “Serif” adalah jenis huruf mesin ketik atau komputer. Bentuknya kaku, tegas serta agak berat dibaca, biasanya font ini muncul dalam naskah buku-buku terbitan lama. Sedangkan untuk fonts jenis “Sans Serif” merupakan jenis huruf modern yang luwes serta gampang dibaca.

Font yang wajib dimiliki dari jenis huruf Serif adalah Didot, Clarendon, serta Rockwell. Dan 3 fonts ini sering juga saya pakai dalam desain slide powerpoint ataupun Keynote. Sedangkan dari jenis Sans Serif, font yang wajib dimiliki adalah Myriad Pro, Helvetica dan Franklin Gothic. Gambar slide di bawah ini adalah contoh tampilan jenis huruf yang sudah saya sebut di atas.

Semoga tips desain slide presentasi ini makin menambah khazanah slide Anda.

Salam Amazing.

 

#PakarSlide @DhonyFirmansyah