Elemen Penting Mendesain Infografis


Infografis. Seperti yang kita ketahui bersama, infografis adalah salah satu cara terbaik untuk menyampaikan informasi secara efektif dan efisien. Dengan visualisasinya yang menarik perhatian, audiens menjadi khidmat memperhatikan informasi yang nantinya kita sampaikan. Karena informasi tersebut mudah ditangkap, bonusnya, penerima biasanya akan membagikan informasi tersebut baik melalui media sosial maupun media cetak. Dengan begitu, keinginan memperluas informasi pun terpenuhi dengan baik. Untuk Anda yang menggeluti peran sebagai komunikator, presenter, pengajar, maupun lainnya yang tak lepas dari tugas pokok menyampaikan sebuah informasi, tentu perlu memulai mengotak atik infografis menggunakan powerpoint. Sebelum mengarah ke sana, penting untuk mengetahui elemen penting mendesain infografis. berikut ulasannya yang kami dapatkan dari Visme.co:

1- Hierarki Visual

Elemen penting mendesain infografis yang pertama yakni hierarki visual. Hierarki visual ini ditujukan untuk mengurutkan elemen mana saja yang penting dalam infografis. misalnya judul menggunakan font besar, sub judul dan ikon menggunakan font medium, serta konten menggunakan font kecil.

2- Titik Fokus

Titik fokus bertujuan untuk menciptakan penekanan baik itu garis, bentuk, warna, ukuran, dan lainnya. Misalnya jika Anda ingin menekankan desain pada judul, maka gunakan ukuran font yang besar dan warna yang menarik perhatian. Jika Anda hanya menggunakan font yang besar, namun warnanya kurang menarik jika dibandingkan dengan elemen lain seperti icon, maka secara otomatis perhatian audiens akan mengarah pada ikon, bukan judul. Maka berhati-hatilah dalam menentukan titik fokus agar perhatian utama teralih kepada elemen yang Anda inginkan. Berikut contoh infografis vertikal karya Pakar Slide Dhony Firmansyah.

3- Font

Dalam mendesain infografis, tentunya Anda ingin memilih banyak font karena banyaknya pilihan font menarik yang tersedia di berbagai situs. Itulah alasan yang membuat kita ingin menampilkan bermacam-macam jenis. Namun jika kita terlalu banyak menampilkan font, itu membuat desain yang dihasilkan tampak kurang konsisten. Idealnya, font yang boleh dicantumkan dalam desain adalah tidak lebih dari tiga font yang berbeda. Satu untuk judul, dua untuk sub judul, dan tiga untuk konten. Memilih font sama halnya dengan memadu padankan busana. Satu dan lainnya harus cocok jika dilihat secara keseluruhan, tidak boleh saling bersaing satu sama lain. Dan lagi, Anda perlu memilih font yang mudah dibaca, silakan simak ulasannya dalam tajuk Tips Memilih Font karya Pakar Slide Dhony Firmansyah. Untuk contohnya, Anda dapat mengunduh font secara gratis dalam Amazing-slide.com

4- Margin

Ini bertujuan agar semua elemen yang ada dalam infografis terlihat selaras dan seimbang sehingga tidak terkesan berantakan. Misalnya, ikon, teks dan elemen lainnya harus berada pada jarak yang sama satu sama lain, Margin kanan dan kiri mempunyai jarak yang sama, begitu pula margin atas dan bawah.

5- Harmoni Warna

Warna yang harmoni membuat audiens mudah mengalihkan perhatian menuju infografis yang kita bawakan. Sebaliknya, warna yang kurang seimbang akan mudah sekali dilewatkan oleh mereka. Jadi, jangan ragu bereksperimen dengan warna-warna yang baru hingga tercipta harmoni warna yang eyecatching. Selain itu, warna juga mempunyai makna psikologi yang mengubah emosi seseroang, jadi jika Anda membawakan topik yang berhubungan dengan keceriaan, lebih baik hindari warna yang gelap atau sedih. 

6- Ikon

Elemen penting mendesain infografis yang terakhir yakni ikon. Ikon yang telah tersedia di internet mempunyai jenis yang berbeda-beda, ada yang multicolor, monocolor, filled, dan linear yang berupa outline saja. Usahakan menentukan satu jenis ikon pada infografis Anda, jangan mencampurkan lebih dari satu jenis karena itu akan membuat desain tanpak kurang konsisten. Silakan download ikon yang tersedia di flaticon untuk melengkapi karya amazing Anda.

Nah, itulah cuplikan elemen penting mendesain infografis yang dapat kami bagikan untuk Anda yang ingin melejitkan skill di bidang infografis. Jika ingin praktek langsung, silakan menghubungi 085733330407, kami siap memandu Anda untuk menciptakan slide infografis terbaik. Anda pun boleh melengkapi referensi tentang infografis dengan membeli buku Amazing Slide Infographic, silakan menghubungi 0812 3271 6030 untuk pemesanannya ya…