Desain Slide Presentasi Kreatif


Sebuah desain slide presentasi bisa sangat berpengaruh pada presentasi Anda. Bagaimana tidak, audiens dapat mengapresiasi Anda dengan penuh hanya karena slide presentasi yang menarik dan membuat bersemangat. Hal-hal yang sering dikeluhkan audiens saat presentasi tidak lain dan tidak bukan yakni ketika slide presentasi terlihat penuh teks, kurang rapi, dan membosankan. Untuk itu, kami akan mencoba membahas tips desain slide presentasi Kreatif agar presentasi Anda semakin memukau di mata audiens. Berikut ulasannya yang kami dapatkan dari Visage.co:

1- Jangan Gunakan Template yg Tersedia di PowerPoint

Tips desain slide presentasi kreatif yang pertama adalah jangan gunakan template yang tersedia di PowerPoint. Template yang telah tersedia di PowerPoint biasanya terlalu sering digunakan sehingga terkesan membosankan untuk ditampilkan saat presentasi. Template tersebut terkesan ketinggalan jaman dan kuno. Mulai sekarang, cobalah untuk meningkatkan skill kreatifitas melalui desain slide presentasi yang amazing.

2- Jangan Gunakan Lebih dari 6 Baris Teks

Kalau Anda menggunakan lebih dari 6 baris teks, slide presentasi akan sulit untuk dibaca audiens karena mereka harus menyerap perkataan yang Anda sampaikan sekaligus membaca slide presentasi. Hal ini sedikit mengganggu konsentrasi audiens karena terlalu banyak informasi yang harus diserap.

3- Hindari Bullet Point

Silakan dibayangkan bagaimana jika audiens melihat 10 bullet point pada slide presentasi yang Anda tampilkan? Kemungkinan besar mereka akan merasa kesulitan untuk mengingat masing-masing slidenya. Untuk itu, Anda dapat menggantinya dengan ikon ataupun menjadikan poin-poin tersebut ke beberapa slide. Idealnya, satu slide presentasi berisi satu pesan agar pesan-pesan tersebut mudah diingat oleh audiens, seperti Tajuk 5 Teknik Simplicity dalam Slide karya Pakar Slide Dhony Firmansyah.

4- Gunakan Font Sans Serif

Ini bertujuan agar font tersebut mudah dibaca oleh audiens. Anda boleh menggunakan font kreatif untuk judul slide, namun usahakan untuk tidak menggunakannya dalam konten slide presentasi. Gunakan font-font seperti Helvetica yang mudah dibaca, jika background Anda gelap, gunakan font yang tebal agar audiens pun nyaman memperhatikan slide presentasi yang Anda bawakan. Selain itu, gunakan ukuran font yang besar agar terbaca oleh semua audiens dalam ruangan.

2- Gunakan Satu Gambar Saja

Jika Anda menampilkan slide presentasi, jangan gunakan lebih dari satu gambar karena itu akan membuat slide tampak seperti galeri foto dalam handphone. Alangkah baiknya menggunakan satu gambar saja agar slide presentasi terlihat profesional.

6- Kontraskan Background dan Teks

Pastikan bahwa tingkat kontras antara teks dan background slide presentasi cukup tinggi. Jika background Anda sangat bervariasi, batasi teks yang akan dimasukkan ke dalamnya agar mudah dibaca.

7- Jangan Lebih dari 5 Warna

Tips Desain Slide Presentasi kreatif yang terakhir yakni jangan sampai lebih dari 5 warna. Idealnya, warna yang ditampilkan dalam slide presentasi adalah tidak lebih dari 5 warna. Dalam memilih warna, usahakan untuk memilih warna-warna yang harmoni. Anda pun boleh mencari referensi tentang harmoni warna dalam color.adobe.com maupun website lain yang menyediakan berbagai kumpulan-kumpulan warna dengan kode tertentu.

Demikian tips desain slide presentasi kreatif yang perlu diupgrade terus menerus agar presentasi Anda semakin bertambah baik ke depannya. Untuk memperdalam proses tersebut, Anda dapat mengikuti training desain slide presentasi dari Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 untuk melakukan kerjasama.

Salam Amazing,