Berapa Slide Presentasi yang Anda Buat?

Oleh: Arif Indra Wanta (Associate Trainer #ASP Yogyakarta)

Berapa banyak slide yang harus ditampilkan ketika tampil presentasi? Idealnya berapa? Pertanyaan ini ditanyakan peserta saya pada Workshop #WOWSlidePresentasi batch 2. Sebelumnya bayangkan ketika Anda berdiri di depan pada situasi sebagai pembina upacara, mengajar sehari penuh di kelas SD, atau presentasi bisnis Anda di depan mitra. Situasi menentukan berapa banyak slide yang akan Anda gunakan ? Menggunakan slide atau tidak sama sekali.

Kebanyakan presenter menggunakan terlalu banyak slide. Itu yang membuat membosankan. Atau semua bahan ingin diletakan pada slide. Hoaaaam dan kemudian audiens menggerutu serta lihat jam, “Selesainya kapan ya?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikan pernyataan berikut ini:

  1. Powerpoint slides, like any visual aid, are support material for your message, not the message itself.
  2. Powerpoint slide are for your audience, not for you.

sumber : www.sixminutes.dlugan.com

Nah, maksud pernyataan tersebut adalah:

  1. Slide Powerpoint adalah alat bantu visual, bahan pendukung untuk pesan Anda, bukan pesan itu sendiri.
  2. Slide Powerpoint itu untuk audiens Anda, bukan untuk Anda.

Mengambil pernyataan para ahli di atas, maka sejatinya pertanyaan berapa banyak slide presentasi yang harus ditampilkan sebenarnya kurang tepat. Pertanyaan yang tepat adalah berapa banyak slide yang saya perlukan untuk mengkomunikasikan pesan saya kepada audiens?

Maka, untuk setiap gagasan atau ide yang akan Anda tampilkan, tanyakan pada diri Anda pertanyaan sederhana ini: Dapatkah saya menyampaikan gagasan dengan jelas dengan kata-kata saja atau saya akan memanfaatkan dukungan visual?  Jika jawabannya TIDAK maka jangan menambahkan slide karena akan menambah waktu juga. Jika jawabannya IYA maka silakan Anda menambahkan slide presentasi.

Menambah slide presentasi tentu menambah waktu untuk presentasi Anda. Sekaligus butuh waktu bagi audiens untuk memahami informasi dari slide. Selain itu butuh waktu juga bagi Anda untuk mengatur konteks dan menjelaskan maksud dalam slide.

Maka jangan khawatir tentang jumlah slide Anda. Nancy Duarte menyatakan, “Jangan hitung SLIDE Anda tapi pastikan isi SLIDE Anda diperhitungkan.”

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Source: ArifIndraWanta.blogspot.com.