Aturan 3 Kata Kunci

Dulu ketika saya belajar presentasi saya belum mengenal istilah 3 pesan kunci, saya hanya berusaha menyampaikan segala yang saya tahu. Saya sampaikan semuanya karena keinginan saya adalah memberi yang terbaik dan informasi selengkap lengkapnya kepada audiens. Kalau ibarat kata sebuah buku, presentasi saya berisi begitu banyak bab pembahasan. Alhasil yang terjadi audiens tak bisa menerima semua pesan yang saya sampaikan. Mereka hanya mampu menerima pesan saya pada kurang lebih 30 menit pertama, setelah itu banyak diantaranya harus kerja ekstra untuk dapat menerima materi atau ada yang lebih memilih untuk tubuhnya mengikuti presentasi, tapi pikirannya sedang jalan-jalan entah kemana.

Perlu kita pahami bahwa audiens tidak bisa menerima presentasi kita secara keseluruhan. Akan ada pesan yg terbuang, sehingga kita harus pintar-pintar meramu pesan kita, supaya mudah untuk difahami oleh audiens. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan aturan 3 kata kunci. Dalam buku Rahasia Presentasi Steve Jobs karya Carmine Gallo, diterangkan bahwa Angkatan Laut AS telah melakukan riset yang mendalam tentang hal ini. Mereka menyimpulkan bahwa 3 lebih efektif dari 4 atau 2 sehingga divisi yang ada di AL dibagi menjadi 3. Setiap kopral memimpin sebuah regu yg terdiri dari 3 orang. Sersan memimpin 3 regu dalam skuadron. Kapten memimpin 3 peleton dan seterusnya.

Ternyata aturan itu juga berlaku dalam presentasi. Coba sekarang cari 3 kata kunci dari presentasi yang akan anda sampaikan. Kerucutkan semua materi dalam 3 pokok pembahasan utama, baru setelah itu dikembangkan pembahasannya. Walau audiens tak dapat mengingat semua pesan kita tapi minimal ada yg mereka bawa pulang, yaitu 3 kata kunci yang kita berikan. Dan untuk mengingat itu semua mereka tak perlu membuka catatan atau modul yang kita berikan.

Salam Amazing.

Source Associate Trainer blog: MustofaThovids.wordpress.com