Alasan Penting Menggunakan Shape


Alasan Penting Menggunakan Shape. Sepenting apakah menggunakan shape pada slide presentasi Anda? sebelum mengarah ke sana, kami bahas sedikit tentang shape ya… kami yakin pasti fitur tersebut tidak asing lagi karena hampir semua pengguna Microsoft office telah menemukan fitur tersebut pada menu insert. Seringkali fitur satu ini kurang disadari manfaatnya karena merasa hanya fitur yang sederhana. Padahal, ia dapat menjadikan Anda mengkreasikan berbagai macam hal pada slide presentasi.

Langsung saja kita menuju topik utamanya yakni alasan penting menggunakan shape. Tanpa menunggu lebih lama lagi, silakan simak baik-baik poin demi poin yang akan kami ulas ya, berikut ulasannya:

1- Optimasi Latar Belakang Slide

Ketika mendesain slide presentasi, terkadang akan muncul perasaan “kurang apalagi ya? Masa begini saja? Seperti ada yang kurang.” Terkadang yang tampak adalah slide yang terlihat “terlalu sepi” sehingga ingin memberikan sentuhan-sentuhan lagi di dalamnya. Nah… silakan mencoba menambahkan shape yang memenuhi background seperti freeform atau yang lainnya ke dalam slide Anda sehingga tampak lebih optimal. Warna shape yang memenuhi background biasanya berlawanan dengan warna backgroundnya. Jika backgroundnya berwarna cerah, maka shape penuh tersebut berwarna muda, dan sebaliknya.

Contoh Penggunaan Shape untuk Background

2- Memberi Penekanan pada Teks

Coba Anda bayangkan jika Anda melihat teks pada slide presentasi tanpa shape dan dalam shape? Pasti Anda akan lebih fokus memperhatikan teks dengan shape. Ini biasanya cocok digunakan untuk judul dan sub judul slide presentasi ataupun data berupa angka. Dengan begitu teks tersebut lebih diperhatikan audiens. Apalagi jika dipakai untuk judul, judul tersebut akan melekat di kepala Audiens sehingga tak ada alasan untuk tidak memperhatikan presentasi Anda hingga akhir.

Contoh Penggunaan Shape untuk Judul
Contoh Pengunaan Shape pada Data Angka(shape panah ke atas)

3- Icon lebih rapi

Selain ditambahkan pada teks dan background, shape juga menarik dipakai untuk merapikan icon. Pada slide infografis, seringkali Anda akan membuat slide yang berisi tahapan-tahapan, menjelaskan informasi tertentu, dan lainnya. Karena bullet point tidak disarankan, Anda dapat membuat ikon-ikon untuk menjelaskan topik tertentu. Anda dapat menambahkan shape pada ikon baik itu shape lingkaran, diamond, dan lainnya sesuai keinginan Anda.

Penggunaan shape pada Ikon

4- Menambah Obyek Baru

Alasan penting menggunakan shape yang terakhir adalah untuk menambah obyek baru. Terkadang Anda tidak dapat menemukan resource yang sesuai untuk melengkapi desain Anda sehingga perlu menambahkan shape di dalamnya, misalnya menambah shape berbentuk seperti tanah di bagian bawah slide sehingga desain yang dihasilkan pun menyesuaikan dengan realita yang ada.

Penggunaan Shape untuk Menambah Obyek Baru

Nah, apakah sudah dapat dipahami alasan penting menggunakan shape? Sekarang… waktunya mempraktekkan materi ini ke dalam slide presentasi Anda agar skill desain slide presentasi semakin melejit. Anda pun dapat menggunakan merge shapes untuk kesempurnaan slide Anda, silakan simak dalam tajuk Kreatif dengan Merge Shapes. Kami siap memandu Anda untuk praktek langsung, silakan kerjasama bekerja sama dengan Kreasi Presentasi dengan menghubungi 085733330407.

Salam Amazing,