Alasan Memvisualisasikan Slide Presentasi


Idealnya, slide presentasi yang menarik itu adalah slide presentasi yang visual. Kami harap kami semua sudah meninggalkan kebiasaan membuat slide presentasi yang full teks dan bullet point ya… karena trendnya sekarang itu visual yang memanjakan penglihatan audiens. Bukan hanya itu, selain alasan trend, tentunya ada alasan lain yang menjadikan slide presentasi visual menjadi hal yang sangat-sangat dibutuhkan. Dari situlah mulai banyak yang ingin mengikuti workshop desain slide profesional ataupun workshop infografis demi melejitkan skill desain slide presentasi. Lalu, apa saja alasan memvisualisasikan slide presentasi agar materi yang disampakan mudah dipahami? Berikut ulasannya:

  1. Audiens Enggan Memperhatikan Hal yang Membosankan

Alasan memvisualisasikan slide presentasi yang pertama yakni audiens enggan memperhatikan hal yang membosankan. Penelitian menunjukkan bahwa audiens mulai bosan setelah mendengarkan presentasi selama sepuluh menit. Mungkin bisa ditebak bahwa aktivitas audiens selanjutnya yakni memperhatikan jam tangan, mulai bergantian menutup mulut sambil menguap, ekspresi terlihat gelisah, dan masih banyak lagi. Apalagi jika presenter tidak bisa menyampaikan materi dengan menarik, semakin ingin tidur di tempat saja rasanya… Nah, untuk memburu kepercayaan audiens dalam sepuluh menit pertama, gunakan slide visual yang menarik sehingga mereka pun akan melanjutkan perhatiannya kepada Anda sepanjang jalan presentasi hingga usai.

2. Mudah diingat

Alasan memvisualisasikan slide presentasi yang kedua yakni mudah diingat. Tujuan presentasi bukan hanya membuat audiens memahami materi yang Anda sampaikan, namun lebih dari itu. Yang paling penting, audiens dapat mengingat materi-materi tersebut setelah keluar dari ruangan presentasi. Faktanya, manusia lebih mengingat pesan yang berbentuk visual daripada ribuan kata-kata. Selaras dengan pendapat yang disampaikan oleh Paul Arden, seorang penulis beberapa buku tentang periklanan dan motivasi, begini katanya, “Semakin visual presentasi yang Anda bawakan, semakin banyak audiens yang mengingatnya. Dan yang paling penting, mereka mengingat Anda.” Jadi… selain mengingat materi yang Anda bawakan, bonusnya, audiens mengingat Anda sebagai presenternya juga.

3. Pesan Ditindaklanjuti

Jika Anda dan materi sudah diingat, apakah alasan memvisualkan slide presentasi langsung berhenti di situ saja? Tentu tidak. Bila sudah begitu, Anda tentu berharap bahwa materi itu bermanfaat bagi audiens. Itu esensinya. Sebuah penghargaan bagi presenter ketika audiens dapat meningkatkan skill tertentu setelah menerapkan ilmu dari materi yang Anda sampaikan. Terkadang audiens yang merasakan manfaatnya akan memberikan testimoni positif sehingga sebagai presenter tentu merasakan keberhasilan atas apa yang telah dibagikannya kepada audiens.

Nah, itulah alasan memvisualisasikan slide presentasi yang dapat Kreasi Presentasi sampaikan. Jika ingin mengikuti pelatihan untuk inhouse, silakan hubungi: 0857 3333 0407, untuk public: 0812 3271 6030. Kreasi Presentasi siap hadir untuk mengunjungi Anda kapan pun dan di mana pun. Terus semangat dalam meningkatkan skill desain slide ya… kami tunggu undangan special dari Anda…

Salam Amazing,