4 Kebiasaan Negatif Presentasi


Apakah Anda menganggap bahwa presentasi itu susah?  Wah, coba diingat-ingat kembali ya apakah memang susah atau belum tahu teorinya? Teorinya nggah susah kok, presentasi yang baik hanya perlu menyimak tips hindari 4 kebiasaan negatif presentasi agar presentasi berjalan dengan efektif. Selain menyiapkan materi sematang mungkin, Anda pun perlu mengetahui apa saja kebiasaan buruk yang perlu dihindari dalam presentasi. Terkadang kita terlalu fokus menyiapkan apa yang wajib dilakukan hingga lupa menghindari apa yang tidak boleh dilakukan. Jangan lupa untuk mengimbanginya. Ketika Anda mempelajari hal-hal yang harus dilakukan, maka Anda pun harus mempelajari hal-hal yang harus dihindari.

Merangkum artikel dari Scott schwertly, Anda perlu menghindari 4 kebiasaan negatif presentasi agar presentasi menarik melekat dalam penampilan Anda. Apa saja 4 kebiasaan buruk tersebut? Mari disimak sampai tuntas ya…

1- Ikatan tali sepatu dan dasi yang longgar

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan sepatu bertali ataupun dasi, ikatlah dengan kencang yakni dua kali ikatan. Ikatan yang terlalu longgar dikhawatirkan mengganggu konsentrasi karena mudah untuk terlepas sehingga Anda hanya terfokus pada tali sepatu dan dasi. Selain itu, dikhawatirkan Anda akan tersandung tali sepatu yang tidak sengaja terlepas. Atau jika tidak ingin mengambil resiko, pakailah sepatu yang nyaman tanpa tali sepatu jika memungkinkan.

2- Memasukkan tangan dalam kantong setelan

Usahakan untuk tidak memasukkan tangan dalam kantong karena manjadikan gerakan tangan Anda kurang leluasa. Dalam presentasi menarik, idealnya Anda melakukan gerakan-gerakan tangan agar tidak terlalu kaku dalam podium. Memasukkan tangan dalam kantong menjadikan Anda terlihat kaku di mata Audiens.

3- Menghidupkan nada dering ponsel

Alangkah baiknya menyettingnya ponsel Anda dalam mode senyap. Hal ini sangat aman untuk menghindari terjadinya suara nada dering karena telepon atau pesan singkat yang masuk, atau mungkin alarm ponsel yang tersetting di jam yang sama setiap harinya. Atau Anda bisa langsung menyettingnya dengan mode pesawat agar tidak ada gangguan yang mungkin terjadi.

4- Memalingkan muka dari Audiens

Presentasi yang baik adalah memposisikan diri menghadap ke arah Audiens. Jangan sampai Anda fokus melihat ke arah penayangan slide sehingga membelakangi Audiens. Atau terkadang kita merasa gugup sampai-sampai kita merasa bertambah gugup jika menatap ke arah Audiens sehingga secara tidak sadar kita berusaha menghindari pandangan dari Audiens. Hal ini menjadikan Anda terlihat kurang profesional dan sedikit tidak sopan karena tidak menghargai Audiens yang ada di depan Anda. Audiens pun akan malas berinteraksi dengan Anda dengan posisi tersebut. Anda boleh membaca artikel Tips Presentasi-Menghindari Gugup karya Pakar Slide Dhony Firmansyah untuk mengatasi gugup dalam presentasi.

Di samping tips hindari 4 kebiasaan negatif presentasi di atas, tentunya harus menyiapkan materi sebaik mungkin. Salah satu hal yang mendukung persiapan materi adalah slide presentasi. Untuk memperdalam skill mendesain presentasi, Anda dapat mengikuti training Amazing Slide Presentation yang akan diselenggarakan Agustus depan. Silakan mendaftar ke Mbak Ayu di nomor 0812 3271 6030.

Salam Amazing,

Silakan klik Foto di atas untuk mendaftar