Pelatihan Infografis Kementerian Perdagangan RI

Awal bulan April 2019,  Kreasi Presentasi diminta oleh Kementerian Perdagangan Dirjen Perdagangan Luar Negeri melalui PT Duta Asa Indonesia untuk mempresentasikan mengenai presentasi data dengan slide infografis sehingga menjadi infografis panjang seperti yang sering kita lihat di Pinterest. Dari pemaparan presentasi mengenai infografis dengan software powerpoint, disekapati untuk diadakan pelatihan yang ditujukan kepada para karyawan Dirjen Perdagangan Luar Negeri yang sudah terbiasa membuat media promosi.

Dari pemaparan mengenai produk pelatihan Kreasi Presentasi yang terdiri dari Amazing Slide Presentation, Amazing Slide Infographic, dan Amazing Slide Videographic disepakati untuk mengadakan Pelatihan Infografis PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). Dan terselenggaralah pelatihan infografis sejumlah 25 karyawan sebagai peserta pelatihan, bertempat di Hotel Aone – Jakarta Pusat pada tanggal 2-3 Mei 2019.

Kementerian Perdagangan Dirjen Perdagangan Luar Negeri merasa perlu untuk mengadakan pelatihan ini karena memang sangat diperlukan tenaga-tenaga yang membuat desain promosi penjualan yang ‘keren’. Apalagi setelah dijelaskan bahwa software yang digunakan adalah Powerpoint, software yang sudah biasa digunakan hari-hari untuk membuat presentasi, sehigga peserta sudah familiar dengan software tersebut.

Seperti biasanya pelatihan ini dipandu langsung oleh trainer utama Kreasi Presentasi yakni Bapak Dhony Firmansyah dipandu oleh asisten trainer di hari pertama yakni Bapak Pambudi Wisnu Adji dan Ibu Enny Rahmita. Pada hari kedua asisten trainer dipandu oleh Ibu Enny Rahmita dan Bapak Heryadi Mulyana.

Jalannya pelatihan dibuka oleh panitia dari tim Kementerian Perdagangan, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan pembukaan dari Pejabat Kementerian Perdagangan. Lalu dilanjut dengan doa oleh panitia. Panitia memperkenalkan tim yang akan mengisi dan mendampingi para peserta dalam pelatihan. Kemudian sebelum acara seluruh peserta berfoto bersama untuk dokumentasi kegiatan.

Hari pertama para peserta diberikan pemahaman dasar mengenai infografis serta jenis-jenis infografis. Mengawali belajar infografis secara teknis para peserta dipandu untuk memahami konsep harmoni warna, mana warna untuk background, mana warna untuk konten, mana warna untuk grafik.

Selanjutnya para peserta diajak untuk memahami harmonisasi font, mana font untuk judul, mana font untuk sub judul, mana font untuk konten. Ternyata jika kita pelajari bentuk-bentuk font itu mempengaruhi pembaca, sehingga kita harus memilih font yang tepat sehinga pembaca lebih cepat memahami konten yang ada dalam infografis.

Masih di hari pertama para peserta diajak untuk menguasai pembuatan infografis yang unik, yakni mengoptimasi image baik real image, maupun image vector, serta icon. Icon diperlukan untuk memperjelas sebuah konten yang ditayangkan. Optimasi image disesuaikan dengan harmoni warna yang disetting sejak awal, sehingga dari awal hingga akhir slide terjadi keserasian harmoni baik warna, font, serta image. Inilah yang menjadikan sebuah infografis menjadi unik.

Hari kedua para peserta diajak untuk memahami konsep-konsep diagram dalam menyusun layout data-data menjadi infografis. Selanjutnya para peserta diberikan pemahaman mengenai optimasi grafik, sehingga grafik yang ada tidak hanya sekedar menampilkan default bentuk tapi sudah bisa dikonversi dengan gambar-gambar yang mewakili ukuran serta bentuk sebuah data.


Bagi Anda yang ingin bersama-sama mempelajari infografis & videografis bersama kami seperti halnya Kementerian Perdagangan RI, silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.


Terakhir semua slide yang sudah dibuat, dikonversi menjadi infografis panjang seperti yang sering kita lihat di pinterest. Dan setiap peserta mengirimkan hasil akhir file yang dikerjakan via email untuk diberikan penilaian. Dan dari 25 peserta diumumkan 4 desainer terbaik, dan diberikan hadiah.

Dari pelatihan ini ada yang unik, yakni ketika mendapatkan hal-hal yang baru mereka tidak segan-segan bertepuk tangan. Bahkan ketika saatnya coffee break tiba atau jam istirahat tiba mereka masih enggan untuk beranjak dari tempat duduknya untuk tetap tekun menatap layar laptop masing-masing dalam mendesain slide infografis mereka.

Di awal dan diakhir pelatihan setiap peserta mengisi pretest dan posttest serta kuisioner untuk menilai jalannya pelatihan. Dan para pemenang desainer terbaik diminta untuk memberikan testimoninya dalam bentuk video. Buat mereka pelatihan ini benar-benar amazing, karena baru kali ini ada pelatihan yang membuat mereka enggan untuk beranjak dari tempat duduknya untuk tetap terpaku menatap layar laptop mereka. Dan mereka berharap ada pelatihan lanjutan dari yang sudah mereka dapatkan pada hari itu.

Tentunya sesuai dengan visi dari Kreasi Presentasi bahwa kita akan terus ‘Jump to Next Curve’ akan terus membuat lompatan-lompatan dalam pelatihan yang kita tawarkan ke khalayak ramai atau ke instansi-instansi baik pemerintah maupun swasta. Karena di luar pelatihan ini yakni Amazing Slide Infographic, kita masih punya jenis pelatihan Amazing Slide Videographic, dan Amazing Report Infographic.

Dan ini sangat diperlukan oleh banyak instansi-instansi di era mileniel sekarang untuk menampilkan data-data mereka dalam bentuk presentasi atau pun promosi dengan tampilan yang menarik atau istilah sekarang sering disebut ‘kece badai’.

Buat instansi-instansi baik pemerintah maupun swasta yang ingin tampilan presentasi atau promosinya menjadi ‘kece badai’ kenapa tidak menghubungi kami sekarang untuk mendapatkan pelatihan dari kami ?

Salam Amazing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.