Workshop Tableau Farmalkes Kemenkes RI Batch 2

Workshop Tableau Farmalkes Kemenkes RI Batch 2. Di era data seperti ini penyajian data haruslah menarik agar data terbaca dengan baik oleh audiens. Dengan demikian, Kreasi Presentasi hadir memberikan solusi dalam mengolah data dan menampilkannya dalam bentuk visual interaktif yang mudah dipahami audiens. Kreasi presentasi memiliki produk baru, yaitu Amazing Data Presentation yang dapat membantu Anda dalam pengemasan data yang visual.

Kreasi Presentasi dipercaya oleh Farmalkes Kementerian Kesehatan RI untuk memberikan materi workshop tentang Data Analytic & Modern Dashboard menggunakan Microsoft Excel & software Tableau. Berbeda dengan workshop sebelumnya, workshop kali ini membahas analisa dengan jumlah data yang ribuan bahkan jutaan baris dengan Excel & Tableau. Produk ini dilatarbelakangi dari semakin banyaknya data yang membutuhkan cara untuk menganalisa data yang berkembang setiap detiknya. Dalam hal ini, Anda merasa perlu untuk analisa dan visualisasi data yang praktis menggunakan software Excel maupun software Tableau.

Workshop Tableau Farmalkes Kemenkes RI Batch 2 dihadiri oleh 27 orang peserta yang dibagi menjadi online & offline. Pelatihan offline diselenggarakan pada 24-25 Maret 2022 terdiri dari 17 peserta offline di Hotel The Papandayan, Bandung dan 10 peserta online. Workshop ini dipandu secara langsung oleh Tim Kreasi Presentasi yaitu Dhony Firmansyah, Panji Priambudi dan Surya Indraswari Dwi Priyanka sebagai Trainer dan Asisten Trainer beserta Tim Moderator dan Tim Kreasi Presentasi lainnya.

Materi apa saja yang peserta pelajari di hari pertama?

Pada hari pertama, workshop diawali dengan materi mindset visualisasi data dan pengenalan fitur-fitur Excel. Selanjutnya, peserta diajarkan untuk mempersiapkan data mentah menjadi data yang sesuai format Tableau agar data tersebut bisa diolah. Peserta juga diberikan materi terkait grafik pada Excel seperti grafik batang, garis, dan lain sebagainya yang kemudian dijadikan menjadi sebuah dashboard Excel. Setelah belajar dashboard Excel, materi yang disampaikan terkatit software Tableau mulai dari persiapan data yang akan diolah, tipe-tipe data dan grafik Tableau seperti grafik batang, garis atau line, dan peta.

Ketika memasuki materi Tableau, peserta menjadi sangat antusias dalam mengerjakan visualisasi datanya. Bahkan saking bersemangatnya, mereka sampai tidak rela kehilangan waktu yang dipakai untuk coffee break sehingga banyak yang masih asyik melanjutkannya. Hingga tak terasa, waktupun berlalu hingga sore. Dan, di sesi terakhir peserta diberikan kesempatan untuk menyimpan file Tableau tersebut dalam tampilan Raw Dashboard.

Materi apa lagi nih yang peserta pelajari di hari kedua?

Di hari kedua, peserta diperkenalkan dengan sebuah desain dashboard interaktif yang tren di era sekarang. Materi yang diberikan mulai dari cara membuat layout dashboard dan memilih template warna untuk dashboard Tableau. Tidak lupa dengan materi sentuhan sentuhan visual berupa image dan vektor agar dashboard semakin eyecatching.

Setelah sesi, desain dashboard Tableau selesai. Peserta juga diberikan materi agar dashboardnya makin interaktif dengan menggunakan fitur yang telah tersedia di Tableau diantaranya dengan fitur Worksheet Action dan Menu Filter. Di sesi terakhir, peserta mengupload hasil visualisasi data Tableau secara publik dan link karyanya siap dikumpulkan kepada Kreasi Presentasi.

Dan yang terakhir adalah moment yang sudah ditunggu oleh semua peserta, yaitu pengumuman peserta terbaik akan mendapatkan reward. Tim Kreasi Presentasi sudah menyiapkan 4 reward bagi peserta dengan karya terbaik dan aktif selama kelas berlangsung. Hal ini menambah semangat dan antusias peserta untuk memberikan dan menghasilkan karya terbaiknya.

Pada akhir sesi, para peserta mengirimkan link hasil visualisasi data di Tableau  yang dikirimkan melalui email. Nah, nantinya akan dinilai oleh tim internal Kreasi Presentasi dan desainnya yang terpilih menjadi 4 desain terbaik akan mendapatkan reward sebagai bentuk apresiasi bagi para pemenang.

Terimakasih kami ucapkan kepada Farmalkes Kementerian Kesehatan RI atas kepercayaan yang diberikan untuk Workshop Tableau Farmalkes Kemenkes RI Batch 2 kepada Kreasi Presentasi. Semoga dapat berjumpa di lain kesempatan.

Oh iya, bagi Anda ingin belajar dalam visualisasi data menggunakan Excel dan Tableau bisa hubungi Kreasi Presentasi. Kami juga menawarkan inhouse training lainnya seperti mendesain slide Presentasi, Infografis dan Videografis. Silakan bisa menghubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.