Workshop Infografis PT BRI Batch 43

Workshop Infografis PT BRI Batch 43. Survey membuktikan bahwa 90% informasi yang dikirimkan ke otak kita adalah dalam bentuk visual. Serta kecepatan otak yang memproses informasi dalam bentuk visual ( gambar atau video ) adalah 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Dalam era digital sekarang, semakin terasa perbedaan dampak yang diberikan ketika menyampaikan pesan dalam bentuk visual, karena orang ingin cepat memahami informasi dan data. Fakta-fakta inilah yang membuat semakin banyak orang menggunakan infografis dalam menyampaikan informasi atau laporannya.

PT BRI sangat menyadari hal ini, dan memutuskan bekerja sama dengan Kreasi Presentasi sebagai provider workshop Infografis untuk memberikan pelatihan kepada karyawannya. Workshop yang berisi pelatihan dalam membuat infografis yang menarik dan efektif untuk disampaikan. Program Kerjasama ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 dan selama masa pandemik tetap berlangsung secara online. Tanggal 14 dan 15 Februari 2022 kemarin adalah pelaksanaan workshop Batch 43 yang diikuti oleh 22 peserta.

Workshop Infografis PT BRI Batch 43 yang dilaksanakan Online menggunakan Zoom Meeting yang dipandu langsung oleh Tim Kreasi Presentasi berpengalaman yaitu Pakar Slide Indonesia Dhony FirmansyahSlide Makeover Expert Hakim Asthra YudhiePresentation Consultant Panji Priambudi , Enny Rahmita dan Tim Moderator handal.

HARI PERTAMA

Peserta diberikan materi pengenalan dasar-dasar infografis yaitu dengan memilih dan menyusun template warna untuk infografisnya pada slide master. Kemudian, menentukan kombinasi font  yang tepat untuk digunakan dalam infografis sehingga mudah untuk dibaca. Materi berikutnya adalah bagaimana memilih atau membuat diagram yang tepat untuk informasi yang ingin disampaikan. Peserta dapat melihat perubahan setiap selesai per materi dan mendapatkan kesempatan praktik langsung di breakout room yang dibantu oleh fasilitator. Dengan demikian peserta dapat langsung bertanya dan berkonsultasi dalam membuat infografisnya.

Peserta sangat aktif dan kreatif dalam mengerjakan tugas praktiknya, terlihat hasil karya yang menarik dari semua peserta yang dikumpulkan melalui email.

HARI KEDUA

Setelah mempelajari materi dasar di hari pertama, maka dilanjutkan dengan materi mengolah informasi dengan melakukan reduksi kalimat. Hal tersebut bertujuan agar informasinya mudah dipahami dan menarik untuk ditampilkan. Untuk memvisualkan informasi dan data penting, peserta mempelajari ikon dan vektor yang membuat tampilannya menjadi lebih mudah dipahami sekaligus menarik. Setelah semua informasi selesai diolah menjadi bentuk infografis, maka di akhir sesi tinggal menggabungkannya menjadi sebuah infografis vertikal yang disajikan sebagai sebuah kesatuan informasi visual.

Banyak peserta yang tidak menyangka bahwa mereka dapat membuat sendiri infografis menggunakan Powerpoint dalam 2 hari pelatihan, tanpa aplikasi desain lainnya seperti yang mereka sangka selama ini. Sebagai bentuk apresiasi, di setiap pelatihan yang diadakan Kreasi Presentasi selalu memberikan reward  dalam bentuk hadiah untuk 3 peserta dengan desain terbaik yang sudah terseleksi.

Oh iya.. bagi Anda yang berminat belajar untuk meningkatkan skill dalam mendesain slide presentasi, infografis, videografis, maupun visualisasi data. Bisa langsung  menghubungi tim Kreasi Presentasi di hotline 0857 3333 0407 (Bu Isti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.